Senin, 01 April 2013

Horeeee... Aku Menang Undian Telkomsel Poin, tapi...


Pagi tadi jam 08:35 WIB hapeku berbunyi, ada SMS masuk. Pengirimnya orang asing, nomernya 085 318 650 636, katanya nama dia sih Mba Nurul. Bunyi SMSnya kurang lebih minta dibelikan pulsa dulu, sebanyak 20 ribu ke nomer 085 394 044 957.  Ora tak gagas. Selang beberapa menit kemudian, jam 08:53 WIB, ada SMS masuk lagi. Tapi pengirimnya beda. Nomernya 082 345 382 735.

Bunyi SMSnya:
___INFO RESMI___
SELAMAT!! Anda M-dapat HADIAH TOYOTA AvANZA
pin (RTRFVCF)
u/Info Kunjungi Web TELKOMSEL
http://kejutanteslpoin.webs.com

Cih, sering banget ya aku dapet SMS kayak beginian. Biasanya sih SMS seperti ini bakalan langsung aku hapus, karena aku tahu itu SMS PENIPUAN. Tapi hari ini entah bidadari setan apa yang merasukiku, rasa KEPO-ku kumat. Kubuka deh website yang ditujukan oleh SMS tadi. Wow, websitenya betulan ada. Hahaha.

Website Palsu Telkomsel
Ini dia websitenya
 
Enha klik deh daftar pemenangnya, jreeeeng pin (RTRFVCF)nya beneran ada. Nyahaha, kalau ditilik dari pin, Enha beneran menangin Toyota Avanza donk. “Horeeee... Akhirnya Aku Menang Undian Telkomsel Poin.”
 
Website Palsu Telkomsel
Ini dia Hadiahnya (katanya)
Oke saudara-saudara tercinta, biar Enha luruskan. Website yang ditujukan oleh SMS tadi hanyalah website abal-abal, yang memang ditujukan untuk menipu saudara-saudara sekalian. Kalau dapat SMS, yang mengaku tentang pemberitahuan bahwa Anda memenangkan sebuah undian, jangan langsung percaya. Teliti dulu deh yaa...


Niih, bukti bahwa websitenya si SMS cuman abal-abal:
Pertama, laman di bawah header sangat minimalis. Tak ada menu dropdownnya. Padahal ini (katanya) website resminya Telkomsel. Masak menunya cuman dikit. Yang bener aja?! XD
 
Website Palsu Telkomsel
Ini dia lamannya, menunya sedikit kan?

Noh, Enha kasih screenshoot laman Telkomsel yang asli. Menunya asli, bener-bener banyak. Nggak kayak menunya si website abal-abal.
 
Website Asli Telkomsel
Ini Laman asli Telkomsel

Keanehan kedua, di bagian bawah website abal-abal, ada widget Latest New, tapi widget tersebut bukan berupa link. Mau diklik buat ngebaca tulisan lengkapnya juga nggak bisa. Footer yang isinya Home| About Us| Investor Relations| News| Contact Us| juga nggak bisa diklik. Ngapain ditaruh di situ kalau kagak bisa diklik wooi! Buat pajangan biar dikira website asli? Ter-la-lu!

Website Palsu Telkomsel
Widget apaan, gak bisa diklik?!
Ketiga, Website resmi perusahaan besar biasanya menggunakan domain berbayar. Nah coba lihat, website abal-abal malah pakai hosting gratis. Hehe hehe.

Website Palsu Telkomsel
Create a free wbsite? Nyahaha



Selain meneliti keaslian website yang dituju, mungkin ini bisa jadi parameter apa yang harus Anda lakukan jika mendapat SMS bermodus sama:
  • Ingat-ingat kembali, apakah Anda pernah mengikuti undian serupa? Kalau Enha mah, hanya satu kali ikutan undian Telkomsel Poin, itupun waktu zaman baheula, dan nggak menang. Trus nggak ada niat mau ikutan lagi. Masak nggak ikutan undian, malah bisa menang? Haha haha.
  • Waspadailah SMS yang mengaku sebagai INFO RESMI tadi. Cek nomer pengirimnya. Masak iya, provider seluler mengirimkan pemberitahuan INFO RESMI dari nomer biasa? Halooo, Enha udah bertahun-tahun pakai Telkomsel, dan tiap ada pemberitahuan entah itu PROMO atau BONUS, Telkomsel selalu menggunakan forging. Alih-alih menampilkan nomer, mereka menampilkan nama pengirimnya dengan nama TELKOMSEL. Bukannya pakai nomer sembarangan yang abal-abal.
  • Website RESMI Telkomsel Pusat itu, alamatnya di http://telkomsel.com. Secara, kalau undian Telkomsel Poin kan (yang skalanya nasional) pasti penyelenggaranya pihak Telkomsel Pusat ya?! Pengumuman pemenangnya pasti juga bakal diposting di website resminya donk. Bukan diposting di website abal-abal. XD
  • Kalau Anda diminta menghubungi CS Telkomsel dengan nomer mencurigakan, jangan percaya! Enha ambil contoh, di website palsu tadi, katanya kita bisa menghubungi CS yang online 24 jam dengan nomer 0016-2823-3388-454. Preeett. Nomer CS-nya Telkomsel kan bukan hanya satu. Nih nomer CS nya Telkomsel yang asli: 133 untuk pelanggan kartuHalo, 155 dan 188 bagi pelanggan simPATI dan Kartu AS. Atau bisa juga ke nomor 080 71 811 811.

Website Palsu Telkomsel
Pak, foto bapak dicatut orang... Nggak protes Pak?
  • Sekarang sistemnya udah beda. Pemerintah dan penyelenggara undian, sekarang pada umumnya sudah menerapkan: Pajak undian ditanggung penyelenggara. Asyik nggak tuh! Telkomsel yang asli juga sudah menerapkannya. Pajak pemenang 100 persen ditanggung oleh Telkomsel. Jadi, kalau Anda diminta mentransfer sejumlah uang, Anda patut untuk curiga. Waspadalah... waspadalah...
  • Batas waktu klaim atau pengambilan hadiah yang sangat singkat. Biasanya para penipu mematok batas waktu yang singkat, agar calon korban merasa terintimidasi dan ‘terdesak’. Iya, terdesak. Kalau calon korban itu orangnya gugupan, pasti bakal kalang kabut dikasih batas waktu yang cuma 2 hari. 
 
Website Palsu Telkomsel
Batas waktu cuman dua hari... Dua hari!!

Nah, katanya nih ya: “Korban yang disasar oleh penipuan berkedok SMS dan Website, utamanya adalah korban dari daerah yang kurang awas dan sedikit mendapatkan informasi atas praktik penipuan ini, dan dapat diarahkan untuk melakukan transfer uang untuk keperluan BBN kendaraan bermotor yang dimenangkannya.” (Sumber).

Nyahaha, tahu aja kalau Enha wong ndesa. Tapi nggak semua orang desa, bisa dengan mudahnya dibohongi kalee. Buat para pelanggan Telkomsel lainnya, lebih berhati-hatilah. Apalagi Bapak-Ibu/ Paklik-Bulik/Pakdhe-Budhe/dan simbah-simbah lainnya, (maaf) yang kurang ngerti internet. Jangan langsung percaya pada SMS nggak jelas yang Bapak-Ibu/ Paklik-Bulik/Pakdhe-Budhe/Simbah terima. Bisa jadi itu penipuan. Kalau ada keraguan, silakan hubungi Costumer Service (CS) Telkomsel di 133 (dari KartuHalo), 155 atau 188 (dari simPATI dan Kartu AS). Biayanya kalau nggak salah GRATIS.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai penipuan berkedok Telkomsel ini, Anda bisa mengunjungi website resmi Telkomsel di http://www.telkomsel.com/about/news/965-Telkomsel-Himbau-Pelanggan-Berhati-Hati-Terhadap-SMS--amp--Website-Bermodus-Penipuan.html
Selamat melanjutkan aktifitas. ;)

Selingan Penutup
Beginilah kalau Enha lagi kumat isengnya. Beberapa hari nggak ada yang SMS, eh sekalinya dapet dua SMS malah SMS Penipuan. Nasib nasib....
Penipu: ___INFO RESMI___
SELAMAT!! Anda M-dapat HADIAH TOYOTA AvANZA
pin (RTRFVCF)
u/Info Kunjungi Web TELKOMSEL
http://kejutanteslpoin.webs.com

Aku: Dafuq! :v

Penipu: ...... (nggak membalas)

Aku: I know it’s April Fool’s Day.
But Im not fool enough to get fooled by you. Wkwk. :p
Thus website isn’t as good as the official one. LOL.

Penipu: ..... (masih nggak membalas)

Aku: #dalam hati membatin. “Yaah sudahlah. Nggak bisa diajak bercanda nih orang.”
~Kecewa





66 komentar:

  1. Wahahaha.... Itu beneran dibalas? Ati2 lho, kebanyakan yang begituan punya software atau alat yang buat sedot pulsa kita...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya donk, aku bales. hehehe... Punya pulsa paling banter cuman nyampe 10 rebu. Kalo mau disedot ya pasrah saja bro. Soalnya dulu udah pernah kehilangan pulsa dg jumlah yg lebih banyak. 140an rebu. T_T

      Hapus
    2. Waduh! aku juga sering balas sms gituan :D

      Hapus
    3. XD kak Maya nggak kalah iseng ternyata...
      XD

      Hapus
  2. april mop..huweeeeee...hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaahhhh, mbak cii yuniati is back. :')
      #hug...

      Hapus
  3. ya gapapa daripada ga da sms ya w w w w w
    coba tuh penipu bales smsnya kan asyik tuh ada temen smsan w w w w w

    BalasHapus
    Balasan
    1. aah, tahu gak sih Ci (Kuaci, maksudnya)...
      Kata masnya temenku, SMS Penipuan kayak gitu tuh dikirim via mesin. Jadi, meski kita SMS sampe jempol kapalan pun, nggak bakal dibales sama mesinnya.
      :(

      Hapus
  4. Balasan
    1. Modus sama tapi caranya lebih canggih. Pake pengumuman lewat website segala. Kalo yg dapat SMS orang-orang tua atau orang-orang yg nggak ngerti internet kan bisa gawat Zay.
      Kasihan mereka-mereka yg jadi korban penipuan. :(

      Hapus
    2. harus selalu cermat ya dan ga mudah tergiur dengan yang berbau GRATIS

      Hapus
    3. kata GRATIS emang ajaib og... Apalagi buat pecinta GRATISAN. wkwkwk...
      XD

      Hapus
  5. Thanks kakak... info yg brmnfaat n assikk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks balik atas kunjungan dan komennya...
      :)

      Hapus
  6. Tks Abang infonya.. nih aku kmrn (01/04/2013 09:11:24) juga dapat sms jg yg ngirim 085298217561 bunyi sms-nya "SELAMAT!!! AndaMenangkan Hadiah 1 (satu) unit MBL TOYOTA AVANZA Dr prog undian TELKOMSEL poin Pin (RTRVCF) U/Info klik, http://kejutanteslpoin.webs.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali atas kunjungan dan komennya.
      Kita senasib eaa sob, sama-sama pengguna Telokomsel juga eaa? Terus, sobat nggak sampe berhasil kena tipu kan? Syukurlah.

      #PS: jangan panggil saya Abang donk, saya kan perempuan. wkwkwkwk.
      XD

      Hapus
  7. Beuuuhh, maknyuss nha... :D ., saya juga sering dapat sms kayak gitu, tanpa ba bi bu --> langsung hapus!

    Tapi lumayan canggih juga itu penipunya, sampai niat banget buat website walaupun abal2 ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya SMS kayak gitu juga langsung eike hapus sist. ;)
      Tapi kemaren lumayan rada sotoy, pengen ngecek apa websitenya beneran ada. Eh ternyata ada.

      Untung eike lumayan kenal sama internet, posting ini eike maksudkan biar bisa menangkal akibat yg bakal ditimbulin si website Penipu. Moga aja nggak ada yg bisa tertipu sama website-website begonoan. Kasihan.
      (.>_<.)

      Hapus
  8. uh sial, ketahuan ...

    wah untung kamu rada kepo ya kemaren, jadi bisa menghimbau yg lain utk gak ketipu dengan bikin post ini, :D

    btw, mungkin beberapa hari lagi, kamu bakalan dikirimin sms yg isinya ... "april mop" haha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, itu ulah oom mangki eaa? wkwkwk... :P

      amin.

      april mop udah lewat oom. XD

      Hapus
    2. maaf-maaf'an aja deh. Keknya lebih afdol. wkwkwk...
      XD
      Maafin eike kalo ada salah2 kata ama jarang BW eaa oom... hihi.

      Hapus
  9. Gak mau tau elo menang avanza atau jazz atau apa, yg gue tau tampilan mobile elu lebih berat daripada tampilan website elu, bikin hang hape butut gue! Gak kasian lu, en?

    Coba disimpel aja kaya kemaren! Oke, en?!

    *entar kalo dpt mobil beneran, gue nebeng ea... ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaahh~
      ini template selulernya udah aku default. Dibikin lebih simpel emang bisa eaa?

      Hapus
    2. Nah! Ini baru enteng! Biar diskusi kita lebih intim, ttg fiksi, pilem, konspirasi dsb. Lo add gue ea di facebook.com/ex3onfire

      ;-)

      Hapus
    3. baru ku defaultin, jadinya lebih enteng. Tapi balik lagi, warna templatenya jadi putih. hihihi. :3
      Diskusi di blog saja, lebih seru. wkwkwk. :P
      Lagian, di FB aku sudah sering bolak2 ngecek notif grup, kalo ditambahi diskusi via wall to wall, alamak bisa puyeng kepala eike. LOL.

      Hapus
    4. Alamak, emang medit lu mah! Dari dulu dimintain fb-na kagak boleh! Hiks

      Hapus
    5. Bukan medit donk namanya. Lha wong akun fb cuman 1, ya nggak boleh diminta lah... e_e
      ~find it if you can. wkwkwk... :p

      Hapus
  10. hahaha, kalo aku sih sering jg dpt SMS kyk gitu En, trs lngsung aku bls gini:
    "ambil aja deh Avanzanya buat lu, dirumah gue udh punya byk, helikopter aja udh gak nampung di garasi kok.." gitu...hehehe...

    sok bgt ya aku...
    ^_^ bodo amat... ehe, tp skrg si amat udh gak bodo lg loh...
    haha, mlh nglantur... BTW, lama gak maen kesini, kangeeeeen....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, sampe dibalas seperti itu beneran kak? wekeke.

      Kasihan si amat, dari dulu jadi korban pencatutan nama. XD

      Hapus
  11. wah .. tak kira menang beneran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, nggak mbak. Lha wong ikutan undian macam ini saja baru sekali. Terus kapok.
      :)

      Hapus
  12. AKU JUGA NIH BARU AJA.

    T T

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi belum sampai kena tipu transfer uang kan sob?
      Semoga saja belum. :)

      Hapus
  13. untung waspada yah, memang sekarang ini penipuan makin canggih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga orang-orang yg dikirimin si mesin SMS, nggak ada yg ketipu. Kasihan kalo sampe ada.
      :(

      Hapus
  14. saya juga pernah dapat sms begini dan disarankan mengunjungi website yang juga abal2, ternyata di situ ada foto kapolri...dan ketika saya mengadukan hal ini ke telkomsel, pihak telkomsel malah tenang-tenang saja adem ayem seolah tak ada apa2 yang perlu dikuatirkan....luatbiasa :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, harusnya CS Telkomsel lebih respect sama pelanggan ya Oom.
      :(

      Hapus
  15. Hehe.. emang targetnya orang yg gak tau apa2..
    Bagi yg tau apa2 cuma april mop :D

    thanks udah follback Masbro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak tahu juga tuh si pengirimnya, ngirimin SMS macam gini ngepasi April MOP apa kagak.

      kembali thanks bro. Saya female, btw.
      XD
      ~udah berapa orang yg ngira aku ini male ya? Ampun dah... LOL.

      Hapus
  16. harus teliti ya sob, karena modus penipuan makin kesini makin canggih.

    BalasHapus
  17. Saya berkali-kali nemu sms begituan. Tapi karena ujung belakangnya bukan [dot] com, saya tahu ini akal-akalan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bro Falzart sih bisa tahu, tapi kalo yg dapet SMS begonoan orang2 tua atau orang2 yg kurang kenal internet, kan kasihan mereka.
      :(

      Hapus
    2. Saya sangat bersyukur karena saya blogger... Hmmm...

      Hapus
    3. blogger dan juga dokter. :D

      Hapus
    4. Yang benar: blogger tapi belum dokter.

      Hapus
  18. sekarang modus penipuan semacam ini msh marak..apalg buat pengguna seluler pasca bayar, Paling sering dapat sms. Waspadalah...

    BalasHapus
  19. aku juga barusan dapat sms gituan trus aku cari di sini dapat komen mbak yang panjang lebar. matur nuwun infone mbak.... emang wong ndeso kayak kita dianggap gaptek mungkin ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bapak. :)
      Mungkin pelakunya memang menganggap remeh wong ndeso.
      Semoga tidak ada yg mudah tertipu oleh iming-iming hadiah Avanza palsu ini ya Pak.
      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. :)

      Hapus
  20. aku jg sering tu dpt sms, ini barusan dapet hadiah 35 juta.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, sama juga mbak. Aku juga sering dapet SMS yang bunyinya:
      "Selamat!! Anda mendpt HADIAH Rp. 75 juta. Dari "Panen Bulanan" TELKOMSELpoin.

      Padahal ikutan program Telkomsel poin baru sekali, tapi (katanya) menangnya nyampe berkali-kali. Sungguh ter-la-luu.
      :D

      Hapus
  21. Kemarin ane dpt sms yg sama, trs iseng nge-click alamat web yg disaranin. Yg aneh knp no pribadi yg jd CS nya, rasa iseng ane makin gede, & akhirnya ane telp. Ane ajuin pertanyaan2 ribet, yg bikin si yg bersangkutan terbata2 jawabnya. Trs tulisan mba En makin meyakinkan kalau hal kaya gt tuh penipuan, trims info bermanfaat nya y mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D itu beneran ditelpon sist? hehehe, apa nggak ngabisin pulsa tuh? Isengnya~ wkwkwk.

      Temenku, panggil saja namanya A, yg pake Indosat juga nggak luput jd calon korban penipuan. Bedanya nih, si A-lah yang ditelpon orang yg ngakunya CS Indosat. Sewaktu di telepon oleh CS abal-abal, si A tadi ngaku kalo namanya B! hahahaha.
      Bukannya Indosat punya data pelanggan mereka ya? Masa' CS yg menelpon pelanggan, nggak tahu nama asli si pelanggan? Udah terbukti si CSnya abal-abal nih.

      Dibikin muter-muter deh obrolannya, sampe si CS gadungan ngamuk2. Ngancam kalo si A bakal dilaporin ke polisi, dg tuduhan mencemarkan nama baik si CS. Menuduh si CS sbg oknum penipu dsb. Silakan saja dilaporin, mau dilaporkan bagaimana coba? wkwkwk.
      :P

      Hapus
  22. Kmrn ane dpt sms kaya gt jg,& kebetulan ane lg iseng nge-click web yg disarankan. Ternyata ane dpt avanza,wuuih seneng bayanginnya.Cuma yg janggal itu knp no CS nya no pribadi,ane iseng lg utk yg ke-2 kalinya, ane telp no itu,& ngajuin pertanyaan2 ribet.Org yg ane telp terbata2 jawab pertanyaan2 ane,& ane makin yakin ini penipuan stlh liat tulisan mba En.Trims ulasannya mba En,bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wait, knp sista tahu kalo itu nomer pribadinya si CS? "~,~
      Sama-sama deh, terimakasih sudah berkunjung kemari. Blog baru ya sist? Kug belum berbagi profil? e__e

      Hapus
  23. hampir setiap hari saya dapat sms seperti itu....-_-

    BalasHapus
  24. wah ini modus lama ini nha...
    kamu cocok jadi pengawas KPK tuh nha! ahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengawas KPK?
      nggak ah kak, pasti mbosenin banget.
      ehehehehe...
      XD

      Hapus
  25. Nh q baru aj dpt gan wkkkk

    surat keputusan TELKOMSEL
    tahun 2014 pin [HDR7JN7]
    menyatakan no anda
    pemenang ke-4 dr'
    TELKOMSELpoin
    u/info klik di:
    www.telkomsel-poin2014.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, tahun 2014 ternyata masih musim SMS begonoan ya gan
      XD

      Hapus

Komentarmu tak moderasi, artinya ya aku baca dengan seksama, dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Komentarmu = Representasi dirimu.
Ojo saru-saru lan ojo seru-seru. Ok dab?