Sabtu, 05 Januari 2019

Basing

Bismillah....

Apa itu basing? Basing yang aku gunakan sebagai judul di atas, merupakan sebuah bahasa daerah yang biasa digunakan di Lampung untuk menyatakan kepasrahan; atau lebih singkatnya, kata basing jika dialihbahasakan ke bahasa Indonesia artinya "terserah".

Pertama kali aku mengenal kata ini adalah ketika aku berinteraksi dengan kak Ripin. Kak Ripin adalah Clasher asal Salatiga yang telah lama tinggal si Lampung. Waktu itu aku pernah jalan-jalan ke klannya kak Ripin ini, klan Insider Warrior namanya. Nah, ketika berinteraksi dengan teman-teman dari Insider Warrior ini, Kak Ripin cukup sering menggunakan kata 'basing'. Setelah tahu artinya, lama-kelamaan aku jadi ketularan mereka, suka menggunakan kata basing.

Hingga suatu saat aku kembali ke klan My Friend*KARDO (MFK), aku masih terbiasa menggunakan kata basing. Padahal kata ini kurang familiar di telinga teman-temanku di MFK. Katakanlah si Allpian dan Ahmad yang aslinya Sunda, tentu saja mereka tidak mudheng apa itu basing. Tapi mereka tidak bertanya. Hingga suatu hari, terjadi miskomunikasi antara aku dan Allpian.
Allpian: "Mbak, nanti yang start war aku aja ya."
Aku: "Basing."
Lalu beberapa jam kemudian, Allpian curhat ke grup yang isinya clasher MFK di whatsapp kalau dia katanya ku 'kacangi'. 


Ngacangi apanya, padahal dia tanya langsung aku balas lho. :v


Pian mah emang gitu orangnya, untung doi gak ngebatin grundelannya di dalam hati, langsung di share biar kita semua tahu. Jadi aku bisa langsung ngasih klarifikasi deh.

Bukan Allpian namanya, kalo tidak pintar ngeles. Haha.

Dan bukan gw namanya kalo gak ngusilin temen yang lagi bete.

Ibrohnya apa hayo?
Miskomunikasi bisa terjadi karena hal kecil yang remeh sekali. Miskomunikasi yang berlarut-larut disertai menduga yang tidak baik akan menghasilkan konflik. Maka dari itu, menduga yang baik-baik aja, dan segera klarifikasi jika terjadi miskomunikasi. Oia, yang paling penting: jadi orang jangan baperan. Wkwkwk

Have a nice day and bye.

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Oh tentu! Sekarang ada liga perang iklan (CWL) tiap bulan sekali, ada event2 berhadiah unik tiap beberapa hari sekali, klan game juga tiap sebulan sekali, dan hadiah yg didapat dari event-event tsb bisa digunakan utk apgred troops/hero/defense kita. So, kita jadi lebih cepat max daripada cleaner jaman awal rilis. Queen ku aja udah level 40, padahal baru main setahun lebih 3 bulan, heheheheh

      Hapus
    2. Iklan: klan
      Cleaner: clasher
      Hadiah, maafkan kamus otomatis nya.

      Hapus
    3. Queen masih lv.1 kayaknya aku.
      Udah stop main sejak 2016.

      Hapus
    4. Ayo main lagi, banyak yg pensiun tapi terus main lagi karena event event nya gak ngebosenin. Gabung sama kita kita di MFK. :)

      Hapus

Komentarmu tak moderasi, artinya ya aku baca dengan seksama, dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Komentarmu = Representasi dirimu.
Ojo saru-saru lan ojo seru-seru. Ok dab?