Minggu, 05 Juli 2020

Nggedumel

Ska, 3 Desember 2016


Ibrah hari ini:

Jangan menggantungkan rencana kita pada orang lain. Karena hanya kita sendiri yang tahu, apa yang terbaik bagi kita. Jika ingin janjian, maka apa rencana satu hari harus di-clear-kan. Mulai dari planning kita sendiri hingga planning teman janjian. Selagi menunggu, gunakan waktu untuk melakukan aktifitas yang berguna. Don't waste your time by doing nothing!

Bila kenyataan tak sesuai harapan, blame nothing but yourself, karena tak pandai merencanakan dan tak pandai mengantisipasi adanya banyak kemungkinan. Jangan menggantungkan harapan kepada orang lain, karena kemungkinan besar kita hanya akan kecewa.

Jika kemauan orang lain ternyata berbeda dengan kemauan kita, jangan marah pada orang tersebut. Salahkan dirimu sendiri karena tak pandai berkomunikasi dan tak pandai mencari tahu keinginan orang lain.

Tanyakan keinginan orang lain terlebih dahulu, secara rinci, barulah kita menyesuaikan. Ingat: HARUS RINCI, agar dibelakang tidak terjadi konflik akibat miskomunikasi.

Jangan percaya pada kalimat orang lain yang mengatakan, "Aku mah fleksibel." Tak ada yang fleksibel, karena semua orang punya keinginan masing-masing!

Sekali lagi: tanyakan secara rinci, apasih sebenarnya yang orang lain inginkan? Barulah dianalisa, di bagian mana kita harus menyesuaikan? Di bagian mana kita harus mengintervensi? Di bagian mana yang masih bisa dirundingkan?

Dan ingat, aturan bakunya adalah: Don't blame anyone but yourself! Karena semua orang punya self excuse, dan karena hampir semua orang tidak suka disalah-salahkan.

Take the position: that the wrong guy is you! Take the advantage of this position: Orang yang hatinya baik, akan merasa tidak enak dengan sikap kita yang begini, dan dia akan instrospeksi. Orang yang maunya menang sendiri? Dia akan tetap menyalahkan kita, meski kita tidak sepenuhnya salah (dan meski kita sudah mengaku salah). JAUHI ORANG-ORANG SEPERTI INI. Mereka tidak baik bagi kesehatan mental kita.

Huuuuuffffttt.
Alhamdulillah sedikit lega di dada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu tak moderasi, artinya ya aku baca dengan seksama, dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Komentarmu = Representasi dirimu.
Ojo saru-saru lan ojo seru-seru. Ok dab?