Rabu, 20 November 2013

November Rain: sebuah memori dan pemikiran absurd-ku tentang video klip Guns n’ Roses


'Cause nothin' lasts forever 
And we both know hearts can change
And it's hard to hold a candle 
In the cold November rain

“November... yang ada di benak saya tentang bulan ini cuma tiga: film Sweet November, lagu November Rain-nya Guns n’ Roses, dan Hari Pahlawan.” Begitu bunyi apdetan status mbak Nida di facebook tempo hari. Berhubung aku suka sekali dengan band Guns n’ Roses, aku dengan sumringah ikut nimbrung, berkomen ria di status tadi.

“Guns n’ Roses... I love November Rain... and Estranged, and Civil War, and Sweet Child O’ Mine, and Paradise City, and so on...” celetukku dengan hati berbunga-bunga.

“Percuma nyebutin judul lagu GnR banyak gitu. Nida nggak ngerti. Dia tahunya cuma November Rain doank. Hahaha.” Timpal temennya mbak Nida.

“Iya, aku tahunya cuma November Rain doank,” mbak Nida membenarkan perkataan temannya tadi.

November Rain
Capture gambar (sekedar buat bukti, wkwkwk).

Yaahh, percuma donk ya. Ternyata memang nggak semua orang ngerti band ini. Apalagi untuk kalangan para ukhty. Sedih deh. *wait a minute! jangan salah sangka. Meski temen-temenku banyak yang dari kalangan jilbab besar, aku sendiri bukan [atau belum bisa disebut sebagai] ukhty-ukhty lho* Jadi, wajar saja kalo aku masih suka dengerin lagu yang beginian. Oke, lanjut.

Karena aku dulu memang suka sama band Guns n Roses ini, aku merasa bahagia, ketika mendapati seorang ukhty tahu judul salah satu lagu legendaris band tersebut. Semesta seolah berkonspirasi, tepat beberapa hari sebelum apdetan status mbak Nida tadi, ada bisikan dalam hati, yang menyuruhku untuk memutar video klip Guns n Roses, yang tersimpan di laptop.

Sayangnya, koleksi video klip GnR yang ada di laptopku belum komplet. Cuma ada dua video klip versi resmi yang tersimpan di sana, November Rain dan Welcome to The Jungle. Sisanya ada beberapa buah video versi rekaman, saat Use Your Illusion tour berlangsung. Plus beberapa biji video konser Scorpion dan Muse, yang kusimpan dalam satu folder.

Single video klip November Rain ini pertama kali dirilis pada tahun 1992, dan tentu saja waktu itu aku belum mengenal band Guns n Roses, karena aku masih berstatus sebagai balita. Aku mulai kenal dengan band ini, sejak menginjak bangku sekolah menengah pertama (SMP). Waktu itu, aku dipinjami sepupuku –yang usianya sepuluh tahun lebih tua dariku- beberapa buah kaset VCD: GnR, Scorpion, Bonjovi dan kumpulan lagu slow rock lainnya, yang dibawakan oleh band rock zaman baheula, seperti: Nazareth, Queen, White Lion dan sebagainya. Aku dan adikku memutar kaset-kaset ini setiap hari, karena kami menyukainya.

Adikku yang ketagihan lagu-lagunya Guns n’ Roses serta Scorpion, lalu merengek minta dibelikan kaset tape kedua band tersebut. Waktu itu masih zaman keemasannya tape recorder lho. Nah, yang kuingat betul mengenai bentuk cover, judul lagu sampai liriknya, cuma kaset Guns n Roses. Sedangkan Scorpion-nya aku tidak terlalu memperhatikan, karena aku sepertinya memang lebih suka GnR daripada Scorpion. Haha.

Sebenarnya, video klip yang paling kusuka dari band Guns and Roses ini, adalah video klip dari lagu yang berjudul Estranged. Tapi berhubung bulan ini adalah bulan November, dan juga memasuki musim hujan, jadinya akan kufokuskan pada lagu November Rain saja. Niat awalnya sih begitu, dan ternyata aku sudah keluar dari fokus. Back to the topic deh, langsung ngomongin adegan yang ada di videonya.

Video diawali oleh adegan ranjang *tsaaahh, bukan seperti yang kalian pikirkan*. Axl sedang duduk di sisi ranjang, mematikan rokoknya, dan mengambil obat (obat tidur kali ya) lalu meminumnya. Scene beralih pada sebuah ruang orkestra, lengkap dengan penonton dan para anggota Gunner. Scene kemudian beralih lagi pada sebuah gereja, yang terletak di sebuah padang tandus. Pintu mulai terbuka dan Axl terlihat sedang bermain piano.

Uh, udahan aja deh penjelasan per adegannya. Pake deskripsi panjang lebar segala, kayak lagi nganalisis scene video buat skripsi aja. Males ngetiknya tahu. Nonton sendiri aja deh. Ini dia link videonya, kalo sekedar mau bernostalgia. Cekidot:

Buat yang internetnya lola, ane dengan senang hati, akan memberikan beberapa capture adegannya, gan. Simak ya. Hehe...

November Rain
November Rain by Guns n' Roses
Nah, gambar di atas itu adalah pembukaan video November Rain (adegan ranjang), yang kumaksud tadi. Di dalam scene di atas, Axl terlihat sedang nyomot wadah pil. Kalo kalian perhatikan secara seksama, di menit 01:11, Axl terlihat sedang tidur pulas. Namun di menit 01:21, dia seperti mendadak gelisah, atau sedang bermimpi buruk. Lalu scene beralih pada sebuah acara pernihakan. Pernikahan siapa? Pernikahan Axl dan Stephanie Seymour.

November Rain

Maaf ada subitle bahasa asingnya gan. Video dapet gretongan sih. Haha...

Ketika Pak Pendeta menyuruh pengantin untuk saling memakaikan cincin, ternyata, Slash yang bertugas membawakan cincin, lupa naruh cincinnya dimana. Nah loh...

November Rain
“Walah, cincinnya gue taruh mana ya?”

Slash kebingungan meraba-raba. Mungkin waktu itu dia membatin, “Mati nih gue. Cincinnya gue taruh mane ye? Ngamuk-ngamuk deh, si boss Axl. Mati nih pasti. Hwaduuh.”

Untungnya, Duff punya sebuah cincin, yayy! Eh, betewe, itu cincinnya si Duff sendiri, ato cincin yang sedang dicari-cari Slash? Nggak tahu deh. :p

November Rain
Duff menyerahkan cincin kepada Slash

“Ini bro, cincinnya. Gue yang nemuin. Keknya elu jatuhin di sono, tadi.” >> imajiku berkata seperti itu.

Prosesi pernikahan pun berlanjut. Yang anehnya, si Slash malah pergi keluar gereja. Sendirian. Tapi sebelum pergi, dia menepuk bahu Duff dan bersalaman dengannya.
Mungkin dia mau bilang, “Untung ada elu deh bro, gue gak jadi mati.”
“Yoi, sama-sama bro. Untung ada gue. Kalo kagak, mungkin elu udah di-game overin ama boss Axl. Itulah gunanya teman. Ntar traktir gue ya.”
*ups, sory. Ane malah ngelantur*

Adegan ku-skip langsung ke padang tandus. Slash berjalan keluar dari sebuah gereja tua, yang ada di padang tandus tadi, sambil membawa sebuah gitar. Dan dia mulai melakukan aksinya: bergitar solo ria. :P

November Rain

Slash lagi main gitar
 Rambutnya berkibar-kibar di tiup angin, karena pas dia melakukan adegan ini, ada sebuah helikopter yang sedang terbang di atasnya.
- “Hoi om, apa kagak takut, kalo rokokmu bakalan menyulut rambutmu, heh?”
+ “Easy, kid. Gue kan dewanya aksi beginian.”
- “As you said. Sak karepmu lah”

Waktu aku masih SMP, aku suka sekali pada adegan di atas. Slash terlihat keren banget waktu itu. Aku masih menganggap Slash keren sampai SMA. Dan karena kupikir dia keren banget, ketika pelajaran komputer tentang teknik jaringan berlangsung, (waktu itu dijelaskan cara membuat chatting-an sesama komputer lab, lalu kami boleh praktek chatting, dan kami menggunakan nickname yang aneh-aneh) aku menggunakan nickname Slash ketika chatting.

Tapi sayangnya, beberapa teman malah meledek, “Slash, nama apa itu? Kayak nama doggie ya?” asem, “Kalian pada nggak tahu Guns n Roses ya?” huh. [Mungkin mereka pikir kalo nickname Slash itu, yang memakai adalah seorang laki-laki. Jadi mereka berani meledek]. *eeeaaaa* :v

Melenceng lagi deh pembahasannya, back to topic (again). Kedua mempelai menaiki sebuah mobil, yang menurutku ada terdapat sedikit keanehan, di wajah sang mempelai wanita. Kupikir dia terlihat tidak bahagia, atau sedikit memendam penyesalan? Coba perhatikan ekspresinya...

November Rain

Kayak orang yang lagi nggak bahagia kan ya? Padahal kan, seharusnya dia bahagia.

Menit selanjutnya, adegan kembali menampilkan Slash yang masih ber-solo ria di padang tandus, lalu disusul oleh Axl yang tengah berjalan seorang diri, melewati sebuah toko bernama Guns. Toko penjual senjata kah? Ada yang bilang, bahwa nama toko Guns merepresentasikan nama band Guns n Roses. Hey, tapikan tidak ada toko bunga di scene tersebut.

Oia, I see. Guns n Roses. Roses-nya diwakili oleh si Axl. Axl Rose. Tapikan, masih saja beda. Kalo cuma diwakili oleh Axl, maka jadinya akan Guns n Rose, masih kurang donk. Hayoo loh, hayoo loh...

November Rain
Axl Rose dan toko bernama Guns

Guns, but where is the Roses? Ada yang bilang, kalo Axl membeli pistol untuk membunuh istrinya. Ada juga yang bilang, kalo Axl terlambat mencegah istrinya membeli pistol. Sampai sekarang, video November Rain ini masih menyimpan misteri.

Pesta resepsi pernikahan pun digelar. Axl dan istrinya memotong kue bersamaan. Dan suapan pertama diberikan pada sang istri. Tampak seperti pernikahan yang berbahagia.

Mereka berdua kelihatan ‘akur’ bukan?
Para anggota Gunner serta tamu-tamu lainnya menikmati pesta. Lalu hujan pun turun dari langit, dan orang-orang mulai berlarian dengan hebohnya. Uh, entah kenapa mereka berlarian seperi orang yang sedang panik. Padahal kan itu hanya hujan! I love the rain.

+ “Ini baju sewaan bo’. Make-up gue juga bakal luntur kalo kena air. Percuma donk, gue make-up di salon bayar mahal, kalo akhirnya cuma luntur kena air hujan” mungkin para tamu akan berkata seperti itu.
- Sure. Sak karepmu lah...

Berlindung dari basahnya terkena air hujan, memang hal yang wajar. Tapi, ada satu adegan yang menurutku teramat-sangat-sangat-ganjil-sekali. Adegan ini adalah ketika seorang pria berjas biru, menerobos kue pengantin. Hey dude, what’s wrong with you?

November Rain
“Kau menghancurkan kue pengantinnya, dude!”

Pesta resepsi pun usai. Dan mendadak, penonton (maksudnya, kita) diajak ke sebuah acara lainnya. Acara pemakaman seseorang. Yang mengejutkannya lagi, orang yang meninggal adalah si mempelai wanita. Ada apa dengan Stephanie Seymour? Kenapa dia bisa meninggal? Masih misteri sob, ane belum tahu jawabannya.
  
November Rain

Stephanie Seymour in the coffin, with a mirror on her body?

Mempelai wanita yang mendadak mati. Kenapa musti ada cermin yang diletakkan di tengah-tengah jasadnya? Katanya sih, kalo ada cermin yang ditempatkan di jasad orang mati, kemungkinan jasadnya sudah ‘tidak seperti ketika dia masih hidup’. Nah, dari sini, ada yang berspekulasi kalo si Stephanie mati karena kepalanya tertembak. Entah siapa yang membunuhnya. Dirinya sendiri, suaminya, atau orang lain? Masih misteri.

Oia, ketika adegan di atas berlangsung, scene berselang-seling antara upacara pemakaman dan acara konser. Aku suka sekali bagian ini, bagian ketika Slash menaiki pianonya Axl, lalu bergenjrang-genjreng ria di sana. Alunan gitar elektriknya keren bangeett. Ini dia capture-nya:

November Rain
Don’t you think that you need someone?

Alunan musiknya bagus. Apalagi ditambah lirik yang berbunyi “Don't ya think that you need somebody. Don't ya think that you need someone. Everybody needs somebody. You're not the only one. You're not the only one” Kayak orang lagi merapal mantra gitu. Keren deh pokoknya.

Adegan berlanjut ke prosesi pemakaman mempelai wanita, dan beralih pada Axl yang sedang terlihat gelisah dalam tidurnya. Scene berganti lagi, menampilkan adegan saat mempelai wanita melemparkan buket bunganya, sedangkan bunga tersebut berganti warna ketika sedang melayang di udara (putih-beralih ke pink-dan selanjutnya merah), lalu mendarat di atas peti mati. Seketika itu pula, Axl terbangun dari tidur dengan terengah-engah.

Selanjutnya, adegan disusul oleh Axl yang sedang berdiri di dekat makam sang istri, di bawah guyuran air hujan. Dan diakhiri oleh gambar buket bunga berwarna merah, yang berada di atas peti mati. Warna bunga tersebut semakin lama semakin memudar. Luntur terkena air hujan, dan berubah menjadi berwarna putih. End of story.

November Rain

Ini dia bunganya. Warnanya yang semula merah, luntur karena terkena air hujan...

Huaaahhh, capek juga ngetiknya. Sebenernya sih, masih banyak yang mau aku tulis. Tapi, berhubung akunya sudah capek ngetik plus nge-upload gambar, bersambung aja dulu deh ya... haha...

Meskipun sudah masuk musim hujan, jangan bete ya. Hujan itu, sebenarnya membawa kesenangan tersendiri lho. I love the rain, what about you? Tahu band Guns n Roses juga nggak?

Have a nice day, terimakasih sudah mampir dan membaca. Aku mau nerusin nyanyi...
So if you want to love me,
then darlin' don't refrain.
Or I'll just end up walkin',
In the cold November rain....

Brrr, kagak ada matahari yang bersinar. Semoga hujan seharian, aamiin. #digampar para pembenci hujan. Haha...



33 komentar:

  1. ih gueh juga suka banget tuh sama neh lagu, pokoknya yang ngebit lah, walaupun gak mudeng kamsudnya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes, ada yg tahu sama nih lagu.
      yg lebih ngebit, welcome to the jungle, tahu juga gak om?
      In the jungle... Welcome to the jungle... Watch it bring you to your... syanananananananana knees, knees...
      wkwkwk

      gw dulu pas dengerin nih lagu, juga gak mudeng kamsudnya. Suka aja sama melodinya. Keren yak...

      part berikutnya, mo ku-kulik artinya...

      Hapus
    2. hmmm ... gmn ya, gue sama gnr sejaman seh, jadi ya ... pikir aja sendiri ... wkwkwkk
      sayang bubar ya, velvet revolver gak keren amat seh akhirnya, suka dream theater ???

      Hapus
    3. tahu donk ya berarti.. :v
      bukannya GnR belum bubar ya om?
      cuma personelnya aja kan yg ganti? Kalo gak salah, tinggal si Axl yg asli. Ato, emang udah bubar beneran?

      Velvet Revolver gak keren? gak tau deh, meski ada Slash, Duff sama Matt Sorum di band ini, aku malah belum pernah dengerin satu pun lagu mereka. :v

      Nggak terlalu suka sama Dream theater. :v
      tapi, kenapa tiap orang yg ku tanyain ttg GnR, malah mereferensikan dream theater yak?

      Hapus
  2. aq jg mau pake acara nabrak kue, asalkan jgn nabrak mobil... *smile

    nama akun FBx lulus badan sensor ya.., kayak pilem aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha, nabrak apapun itu, kan rasanya tetep nggak enak brader... :v

      iyadonk harus disensor, takutnya, kalo nanti dituntut dg tuduhan pencemaran nama baik...
      XD

      Hapus
    2. aq gk pake acara sensor, cr aja akun 'Langit Selepas Hujan (Ka Alief)' nama lebay tp bnyk yg pengen niru *smile

      Hapus
    3. pecinta hujan juga ya? :D
      btw, bukannya nama admin Rohis Facebook itu kak Naufal? kog ini ganti jd Ka Alief? :v

      Hapus
    4. kebanyakan org suka hujan :)
      nama asli sy Alief Fadli,

      Hapus
    5. uhm, masih ada yg mengganjal... Jadi, adminnya blog Rohis Facebook itu, ganti atau bagaimana?
      e.e
      Ps: maaf kebanyakan nanya... :v

      Hapus
    6. gk pernah ganti org.., tetap aja satu.. *smile

      Hapus
  3. Waw! Review pideonya asik bgt dah! Detil! Gue suka! Lagu GNR yg gue suka ya ini, nopember rain ama patient.

    Prosesi pernikahan dlm lagu ini sempet dicopy ama serious band di salah satu pideo klipnya, gue lupa judulnya. Gue pikir ini kayak sekuel dr pideo klip lagu don't cry sbg jawaban knp tiba2 ada prosesi pemakaman. Coba elo cek!

    Atau elo juga bisa bandingin ama lagu last kiss dari pearl jam! Gue kira ada kemiripan kronologi kisahnya. Ini juga absurb ala gue, kok! So, dont believ! Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, November Rain ini, konon merupakan salah satu dari trilogi kisahnya Axl (Don't Cry, November Rain, ama Estranged).

      gw juga suka lirikna Patient... Tapi videona gak terlalu suka, haha...
      Kalo lagunya GnR (yg versi awal, pas masih ada Slash dkk), hampir ga ada yg ga gw suka, coz tiap lagu mereka, menurutku punya makna tersendiri. Apalagi yg judulnya civil war.. :D
      Soal mirip enggaknya sama lagunya Pearl Jam, gw lagi nggak mood buat dunlot viedo klip. haha :v

      Tapi, kalo soal kemiripan, pas gw liat video klipnya ax7 yg seized the day, gw ama adik gw ngerasa kalo mereka (personelnya ax7) mungkin terinspirasi dari video november rain inih. Meski beda banget sih, tapi upacara pemakaman dan gitar solo video klip seized the day-nya, ngingetin sama punya GnR inih... wkwkwk
      :v

      Hapus
    2. Coba kamu cek deh lirik yang bersangkutan. Biasanya klip tuh berusaha menggambarkan lirik yang dibawakan...

      Hapus
    3. justeru itu bang Nuel, kalo dilihat dari liriknya, malah jadi tambah bingung :v

      Hapus
  4. Nggak tahu Band itu...
    Serius banget ceritanya... Sebetulnya kamu ceritain video klip atau ceritain filem horor sih? LOL
    Oh iya, aku juga suka dengan nama 'Slash' itu... memangnya ada yang aneh ya dengan nama itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak tahu GnR ya? wajar. XD
      ini critanya mau bikin penyajian ala skripsi gitu, tapi hasilnya malah hamsyong dah. Berantakan. semrawut. XD

      Slash (/) memang nama yg nyentrik. Menurutku, nggak ada yg aneh dg nama ini. Yang aneh cuma temen2ku. Mereka keknya nggak ridho mendapati nama sekeren Slash dipake buat chatting. apadah.

      Mungkin mereka berpikir bhw nickname Slash yang kugunakan waktu pelajaran komputer ini, dipake oleh seorang cowok. Padahal, yang pake nama Slash waktu chatting pelajaran komputer itu, sebenarnya cewek. wekekekeke. XD

      #banyak yg salah tafsir bahwa gw ini cowok, gegara bahasa tulis yg gw gunain agak2 mirip bahasa cowok. Sekedar buat bukti, kapan-kapan gw bikinin postingan ttg ini. Kalo nggak lupa sih, dan kalo mood lagi baik. :v

      Hapus
    2. shiiiiiiit! ngapain pake eXDe segala? Dasar tua!!!!

      emang udah berapa kali bikin skripsi? Kok kayak filem horor gini? Hahahaha...

      Nickname 'slash' itu emang kayak punya cowok kali... (makanya kupikir nggak ada yang aneh). [ambigu] XD

      Hapus
    3. -__-"
      sama orang tua, harusna ngomong yg lebih sopan donk, boy
      #apacoba

      yang kayak filem horor bagian mananya? haha

      nah justeru karena nickname slash itu kayak nickname cowok, temen2ku yg cowok berani ngeledek tuh nickname. Mungkin mereka merasa nggak rela, kalo ada temen yg pake nickname keren. XD

      Hapus
    4. Oh, iya.... maaf tante... maaf gak sopan...

      Iya, sampai filemnya pake bunuh-bunuhan segala... sampai makan dana gak sedikit... sampai gaya ceritanya seru banget...

      jelas namanya nama cowok: slash = tebas

      Hapus
    5. Slash > nama cowok, tapi dipake cewek
      :D

      Hapus
    6. nothing wrong... when u like it.

      Hapus
    7. something went wrong, only when it breaks the One (and) Only-One rule.

      PS: koreksi grammar maupun tenses ku kalo salah ya. .>.<.

      Hapus
  5. Kalau aku mah lebih suka lagunya slash ft myles yg judul nya 'anastasia' karena pada tuh lagu, alunan petikan gitar slash amazing. Gitarnya serasa punya hati dan bisa ngomong :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. ntar ku cari lalu dengarkan dulu deh bro, baru bisa komen mengenai anastasianya :3

      Hapus
  6. Adegan Slash keluar gereja itu karena cemburu dan waktu Steph keliatan murung tu karna masih punya perasaan sama Slash

    BalasHapus
    Balasan
    1. Si Slash cemburu karena si Axl nikahnya sama si Steph bukan sama si Slash. LGBT detected. *digampar Anon*

      Jadi, si Axl suka sama si Steph, si Steph suka sama si Slash, dan si Slash suka sama si Axl? Cinta segitiga?? *Digampar Anon lagi*

      Ugh, bukan gitu kaleee maksudnya si Anon.

      Tapi gini kan:
      Si Slash suka Steph, si Steph suka Slash, tapi si Axl juga suka si Steph, jadinya Slash ngalah??

      Btw, kalo Steph punya perasaan pada Slash dan Slash punya perasaan yg sama ke Steph, kenapa gak mereka aja yg nikah?

      Kan jadinya si Axl mirip teman makan teman gitu??!? Kalo dengan analisa seperti yg Anon sebutin itu, maka ketiganya jadi korban perasaan donk. Kasihan si Axl juga donk, kemungkinan cuma dijadikan pelarian. @_@

      Hapus
  7. Ini penulisnya cewek kah?kalo gitu sama kaya saya. Sy cewek brjilbab dan jg suka GNR sejak kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D
      kalo saya bilang saya laki-laki, percaya ga sist? Wakakaka XD
      salam kenal ^^

      Hapus
  8. Waktu kecil aku selalu bingung kalau liat video ini. Kok kena hujan bisa meninggal? Apa kesamber petir? Kenapa pada cengengesan waktu sembunyi di kolong meja? Istrinya yang tinggi banget apa Axl nya yang mungil banget?
    Banyak banget pertanyaan gak terjawab di video misterius itu. Jadi sekarang lebih baik aku menghindar untuk nonton ulang, takut over thinking :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, Stephanie nya mungkin pake sepatu hak puluhan senti, sis. :D

      Hapus
  9. Ps: Info gak penting, bapakku tuh sebel banget sama Axl Rose, katanya kaya anak mami suaranya, hahaha. Beliau lebih suka Deep Purple, Black Sabbath, Led Zeppelin, Rolling Stones ---sedangkan aku lebih suka Aerosmith, RHCP, The Doors, Queen dan (sedikit) GNR. Makanya bisa habis banget aku diceng-cengin Bapak kalau ketaun denger GNR :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaahhh, salam kenal buat para master sekalian (sis Indi dan ayahnya). >_<
      Maaf baru balas, lagi songong mode on. XD

      Hapus

Pertanyaan, kritik, saran, komentar? Silakan keluarkan uneg-unegnya. Tak perlu malu-malu... hehe... Oia, untuk sementara (sampai batas waktu yg belum tahu kapan), komentarnya aku moderasi yaaa... Have a nice day. Terimakasih sudah mampir dan membaca. ^_^