Senin, 12 Maret 2012

Ada Apa Dengan PNS?

Baru-baru ini, muncul berita tentang kehadiran “The Next Gayus”. Nah lho, siapakah dia? Padahal, kasus Gayus aja udah heboh kayak gitu. Ini, malah The Next Gayus katanya muncul ke permukaan.

Kata berita di televisi, The Next Gayus ini bernama Dhana Widyatmika. Dia adalah seorang mantan pegawai Ditjen Pajak. Mirip Gayus bukan...hmmm... Sudah pada tahu kan, kasusnya seperti apa. Hanya orang-orang yang tinggal di gua saja yang nggak tahu kasusnya Pak Dhana ini.
(eh, berarti gue juga tinggal di gua donk, soalnya baru tahu kasus ini kemaren...)

Udahan ah nulis leadnya, langsung ke intinya saja. Karena saya lagi dikejar deadline tugas proposal :p. Inti postingan ini adalah, saya kebingungan. Lho? Ada apa dengan PNS? Diberita-berita, banyak yang nyebutin bahwa seorang PNS tertangkap sedang nyabu di mobil. Ada PNS kepergok melakukan hal-hal mesum. Dan, bukankah pegawai Ditjen Pajak itu juga tergolong PNS?

Fakta bahwa pegawai Ditjen Pajak juga tergolong PNS ini, juga baru saya ketahui dari berita kemaren. (Terbukti sudah, bahwa saya selama ini tinggal di gua T_T).  Sebelum-sebelum-sebelum-sebelumnya, kalo disebut kata “PNS”, yang muncul di otak saya adalah sosok seorang guru, atau pegawai kabupaten, pegawai kecamatan dan seterusnya, dan seterusnya...

Ada apa dengan PNS?
Ada apa dengan PNS?
Selepas dari empat paragraf awal yang ngaco di atas, ternyata hidup sebagai PNS makmur juga ya. Apalagi para guru yang sudah bersertifikasi. Wow gajinya lumayan banget. Saudara saya yang jadi guru, hidupnya makmur-makmur. (toleh kanan-kiri. Aman. Saudara saya enggak tahu kalau saya nyebutin dia di blog ini) Bahkan, di suatu hari Jumat saat saya bepergian naik bus (lama enggak naik bus >o<), pak sopir nya nyeletuk ketika melihat para PNS sedang senam pagi. “Disuruh senam, loncat-loncat, dikasih gaji lagi,” kata pak sopir.

Seandainya menjadi seorang PNS itu menyenangkan, lalu kenapa teman-teman saya enggak ada yang berminat jadi PNS? Tetangga saya juga. Bahkan katanya, PNS adalah pekerjaan terakhir yang akan dipilihnya. Hah? Benarkah? Maklumlah, mahasiswa. Idealisme masih tinggi. Belum tahu bagaimana rasanya hidup yang sebenarnya.

Eh, katanya idealisme bakal luntur seiring berjalannya waktu lho. Bener kog. Buktinya, temen-nya temen saya, yang dulu katanya enggak mau jadi PNS, akhirnya malah ngikutin tes CPNS. Muehehehehe. Dari kabar yang saya dengar sih, katanya dia enggak keterima. Kasihan yaa...

Lalu saya teringat akan sesuatu. Hari itu, di sebuah lab, terjadilah percakapan antara mahasiswa dengan asisten dosennya. Mas Asdos bercerita tentang teman-temannya yang sudah bekerja. Ada yang bekerja di stasiun Televisi. Ada juga yang jadi PNS. Tapi tiba-tiba teman yang duduk di samping saya nyeletuk: 
Teman Saya : “Malas ah mas, jadi PNS. Nanti bakat ku enggak berkembang,” 
Asdos :    “Lho kata siapa?” 
Teman Saya : “Kan kebanyakan kayak gitu. Kerjanya enggak menantang.”
Asdos : “Itu tergantung orangnya saja. Toh walaupun bekerja sebagai PNS, kita juga masih bisa belajar. Mengembangkan potensi kita.”
Saya : (manggut-mangut).

Dari kata-kata mas Asdos itu saya tersadar. Bekerja dimana saja, rasanya akan sama saja. Yang penting kita masih dapat belajar hal-hal baru. Biar enggak terasa stagnan. Kerja membosankan. Atau apalah...

Nah, bagi orang-orang yang suka nge-judge PNS gini-gitu lah, mungkin mereka cuman ngiri karena enggak lolos pas ikut tes CPNS. Hayo ngaku, ngiri kan? Hehehehe... Jadi PNS ada positifnya juga lho, buktinya cuman “orang-orang terpilih lah” yang bisa jadi seorang PNS.

Bekerja apapun itu, pasti ada sisi kelebihan dan kekuranganya. Syukuri saja. Kalau kamu, yang baca tulisan ini, juga seorang PNS, jangan berkecil hati. Toh enggak semua PNS seperti yang ada di berita-berita. Ingat kata Pak Mario Teguh, “Haters will hate.” Karena hanya itulah kerjaan mereka. So, tetep semangat bekerja. Buktikan bahwa anggapan para haters itu salah.

17 komentar:

  1. Bikin postingan di atas jadi galau, kalau dah lulus mau kerja apa ya....
    -____-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kujuga galau nih mikirnya... ntar kalau lulus Gimannaa yaa...
      tapi kata orang2 yang sudah lebih b'pengalaman si.. awal nyari kerja ga usah milih2 yang penting dapet kerjaan...
      ...
      Tapi kalau bisa milih why not yo...

      Hapus
    2. kalau bisa milih sih, emang lebih baik sob.

      Hapus
  2. betul, bekerja apapun asal disukuru enak kok, eh, gak nyambung nya, tp bener lho saya juga baru tau tuh kasus, berarti tinggal di goa juga ya, tp kok gak ketemu sm kamu, wew, kamu di goa sebelah mana, aku sebelah sini lho, wew :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew pantesan gak ketemu bro, ente di gua sebelah sini.
      lha ane di gua sebelah sana...
      :)

      Hapus
    2. ya udah, besok mampir ke gua disebelah sini ya, wew :D

      Hapus
  3. Ya juga kali ya orang2 yang negatif thinking ma PNS mungkin ngiri...hihih
    Kalau ku si mau jga nyoba PNS
    tergantng setiap peluang yang datang aja
    anyway makasih ya dah bw ke blog ku...'
    New Bie Ni...
    lam kenal

    BalasHapus
  4. uhum..dr dulu saya enggk pengen jd pns,
    minat wirausaha
    hoho
    kunjungan balik, salam kenal ya
    =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal kakak, mohon bimbingannya.
      @_@

      Hapus
  5. Hmmm. Saya sih gak pengen jadi PNS. Jadi istri mudanya aja. wkwkwkwkwk :P

    BalasHapus
  6. sebenarnya kerja dimana aja jadi posisi apa
    pasti ada pelajaran positif dan skill yang didapat selagi pekerjaan itu positif dan
    tidak menjerumus ke hal2 yang dianggap negatif
    menurut ane sih begitu ya

    BalasHapus
  7. cara follownya gampang kok. ada garis biru di bawah header blog, cari aja tulisan Follow Me :D

    BalasHapus
  8. Mending jadi artis! Ya gak, en? Hehehe

    BalasHapus
  9. skrg emang udh jaman edan.
    tanda2 kiamat udh mulai dkt.
    bkn cm PNS aja yg nglakuin kyk gitu. tp remaja dan anak2 udh mulai ikut2an.

    BalasHapus
  10. [bingung] - [galau] - ini adalah salah satu tanda bahwa kita masih bisa berpikir. hihi..

    PNS - bagus
    PNS [Pegawai Ning Swasta] - juga bagus
    Wiraswasta - bagus
    Berkebun dan Bertani - bagus
    Penulis - bagus juga

    yang penting bisa kerja dan berbuat yang terbaik dan menjadi orang baik. :)

    tapi kalau Sist eNHa ada kesempatan jadi PNS, itu bukanlah hal yang salah.
    Sist eNHa bisa memulai kebaikan dengan menjadi PNS.
    Setidaknya ada 1 PNS yang saya yakin dia adalah Orang Baik. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D

      ada banyak kog PNS yang baik, guru, dosen PTN...
      mereka semua baik...
      :)

      Hapus

Pertanyaan, kritik, saran, komentar? Silakan keluarkan uneg-unegnya. Tak perlu malu-malu... hehe... Oia, untuk sementara (sampai batas waktu yg belum tahu kapan), komentarnya aku moderasi yaaa... Have a nice day. Terimakasih sudah mampir dan membaca. ^_^