Sabtu, 02 Juni 2012

Dilema Orang Gaptek: Ngoprek Kode Script Template Seharian

Jika diingat-ingat, tadi saya menjalani hari yang cukup melelahkan. Bukan lelah secara fisik, tapi lelah secara pikiran. Gimana enggak lelah coba! Dari pagi sampai ba’da Isya’, kerjaannya cuman melototin kode script html. [Eh tapi, enggak sepenuhnya hari ini dihabiskan di depan laptop dink]. Saking gapteknya saya yang enggak ketulungan, hari ini saya sempat mengganti template lebih dari 5 kali! Apa jadinya nasib rank blog ini? Sebelum gonta-ganti template aja rankingnya banyak, apalagi setelah gonta-ganti template? Gimana mau naik kelas. (“=___=)


Bingung dengan paragraf di atas? Saya sendiri saja juga bingung kog, hehe. Jadi begini asal mula ceritanya. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mendapat PR 12 Hit dari salah seorang sobat blogger. Ketika PR milik teman-teman yang lain sudah dikoreksi, tinggal PR saya yang belum dikoreksi. Saya tunggu beberapa hari, kog belum dikoreksi juga ya? Akhirnya saya protes kepada sobat blogger yg memberikan PR tadi, karena merasa sudah didiskriminasikan. Dan apa jawaban beliaunya? “Komen di tempat elo susah. Tapi gue udah baca semua jawabannya.”

Ooowh, jadi itu tho alasannya. Wokey, karena ada yang mengeluh berkomen di sini susah, saya jadi teringat sebuah form komentar klasik yang terpasang di salah satu laman blogger senior. Yap, tanpa ba bi bu, saya langsung googling cara membuat form komen klasik tersebut. Dari semua tips yang saya dapat hari itu, langsung saya praktekkan. Bukannya manjur memunculkan form komentar klasik, eh malah template jadi hancur berantakan. Saya pun menyerah.

komen protes
Komentar di sini susah ya?

Lama-lama, yang protes komen di sini susah kog tambah banyak. Huaaa... Saya akhirnya meminta saran, pada sobat yang mengeluh pertamakali tadi. Kata beliau, cara mengakalinya sangat gampang cuy. Ubah template mobilenya menjadi default. Haaa, default?! Jadi jelek donk?! Hiks, hiks. Tapi kemudian saya teringat sebuah ungkapan: Penampilan bisa menipu. Wokey, tak apa deh tampilan mobilenya minimalis. Yang penting, enggak ada yang mengeluh susah komen lagi. Huhu. Untuk sementara, masalah sulit berkomentar di sini saya anggap sudah selesai.

Nah, tibalah saatnya untuk kembali mengupdate blog abal-abal ini. Niat awal yang akan jadi agenda hari ini adalah, meng’update blog dengan sebuah tema: ASPARTAME. Sebenarnya tinggal googling bahan tambahan, karena saya sudah punya sedikit sumber dari ebook pemberian teman. Namun malang, ketika login ke blogger, saya tergoda untuk melirik update’annya teman-teman. Clink, terlihat di baris pertama, salah seorang senior sudah update posting lagi. Dan, tahukah kamu apa tema yang beliau angkat? Cara pemasangan form komentar klasik! Uhhuuk. Beberapa hari yang lalu sudah dibikin puyeng gara-gara script yang enggak pas, saya pun tertarik untuk membaca posting tersebut. Siapa tahu, script kali ini manjur.

Berbekal kode script copast, saya ngoprek html lagi hari ini. Berulang kali saya coba, masih gagal. Haasshh, semakin sulit malah semakin membuat penasaran. Akhirnya malah terpacing lagi untuk googling. Nyoba beberapa kode script lagi, gagal lagi. Sampai akhirnya saya tiba di sebuah titik kejenuhan.

Saya kembali ke blog sang senior, ternyata sudah ada balasan komentar. Beliau mau membantu saya ngoprek template blog ini. Wow, kaget juga mendapat tawaran bantuan seperti itu. Tak lama kemudian, saya sudah membuka email yang rasanya lama sekali sudah tidak saya jamah. Ada sebuah email yang nampaknya aneh. Dan inilah penampakannya:

Penampakan isi email
Penampakan Isi Email

Waah, apa ini? Masak saya bisa mendapat email seperti ini. Otak saya tiba-tiba berpikir kritis. Ketika sedang berpikir kritis inilah, saya malah jadi teringat sebuah grup kritis. Eh, malah jadi keinget salah satu pesen mimin grup tersebut. Kata beliaunya, “Kalau cuma nanya gituan, Googling donk!” Uhhukk, menohok sekali. Sebab saya sudah pernah bertanya hal yang mungkin mereka anggap enggak pantas untuk ditanyakan. Buru-buru saya langsung menghapus pertanyaan  tersebut, ketika salah satu mimin sudah mengomentari pertanyaan saya. Takut dilihat oleh mimin yang lain. (-________-“)

Yoooshh, saya akan berusaha sendiri! Sayapun mengurungkan niat untuk mengirimkan template  tadi. Setelah dipikir-pikir, jangan-jangan kesalahan bukan terletak pada kode scriptnya. Tapi pada templatenya?! Haha. [Alasan pembetulan bagi diri sendiri yang enggak becus]. Nah, dari sinilah saya mulai mengubah-ubah template, seperti cerita paragraf awal tadi. Setiap saya gagal mengoprek html dan lupa apa saja yang sudah saya ubah, saya akan mengupload kembali backupan template yang sudah saya donload. [haduh, bahasanya].

Jengah dengan kode script form komentar klasik, saya beralih eksperimen ke script related post. Yayaya saya tahu, sebenarnya ada widget dari pihak ketiga yang bisa dengan mudah menambahkan related post kan?! Ah, tapi kan tampilannya enggak asyik. [jagan ditiru >> gaptek tapi banyak maunya.]

Kode scriptnya bisa dipasang sih, tapi loading blognya jadi lama. Buang lagi deh tuh kode, hehe. Berkali-kali gonta-ganti kode script, template saya jadi hancur berantakan. (‘=..=) Udah ah, nyerah. Mending nyari hiburan. Dan jadilah saya membuka akun Facebook.

Wow, notif akun facebook saya banyak banget, padahal jarang update status. Ternyata kebanyakan notif berasal dari update’annya status teman, yang saya kategorikan sebagai teman dekat. (=,,=). Baru tahu. Huhuhu. Apa mau dikata, agar notif enggak selalu berjubel begini, hanya ada satu cara. Buka akun mereka satu persatu, mengubah pengaturan akun satu-satu. Kalaupun ada cara yang lebih praktis dari cara tersebut, sumpah saya enggak tahu! Jarang buka facebook! Yeeyy, hidup orang gaptek!

Selain notif update statusnya temen-temen, ternyata ada juga notif komentar dari foto jaman SMA. Baru sadar kalau ternyata, foto tersebut terakhir dikomen setahun yang lalu. Haha. Jadi bernostalgi(L)a, gila-gilaan bersama teman-teman. Nah, mungkin gara-gara nostalgi(L)a inilah, ide gila tiba-tiba muncul di otak saya. Saya akhirnya ngopast kode script form komentar klasik sebanyak-banyaknya ke dalam kode template saya ini. Padahal, kata tutorial hasil googling: copastkan sekali saja kode script form komentar klasik ini. Tapi, karena saya jengah dengan hasilnya, ya saya coba praktekkan saja berlawanan dengan tips yang ada. Dan eureka! Akhirnya malah berhasil muncul, si form komentar klasik ini. Hahaha...
Form Komentar Klasik
Penampakan Form Komentar Klasik

Posting enggak jelas yang lumayan panjang juga ya. Udah ah, capek. Meskipun sepertinya posting ini eggak jelas, tapi ada hikmah di balik setiap kejadian yang saya alami tadi donk. Kurang lebih, pelajaran yang dapat diambil adalah:

  1. Berpikir positif dalam setiap kejadian, dan jangan suka berburuk sangka.
  2. Meskipun kamu merasa bahwa semua jalan sudah kamu coba, dan selalu membawamu pada kegagalan; jangan pernah menyerah untuk mencari jalan lain. Karena pasti ada sebuah jalan lain yang belum kamu lihat.
  3. Malu bertanya, sesat di jalan. Banyak nanya, memalukan! Jangan manja. Mintalah bantuan jika sudah benar-benar merasa mentok dan frustasi.
  4. Ketika orang lain meragukan bahwa apa yang akan kamu lakukan itu akan gagal, percayalah pada dirimu sendiri: bahwa kamu bisa melakukannya. Dan yakinlah bahwa kamu akan berhasil!
  5. Terakhir, salah satu kunci keberhasilan adalah fokus pada tujuan.

Bingung kenapa saya bisa menyimpulkan seperti ini? Hehe. Tanyakan saja jawabannya pada mobil rumput yang bergoyang.

Oia, ada yang mau menambahkan hikmah apa yang bisa diambil? ;-)

87 komentar:

  1. Beberapa menit setelah enha menyelesaikan susunan postingan ini, hapenya berdering.

    Ada SMS masuk:
    “Say kemarin aku sempet buka blogmu. Tapi ada sesuatu yg menyebalkan disana.”
    “Apa itu cin?”
    “Baru buka sebentar, halamannya ilang. Terus harus di reload lagi.”
    “ugghh, apa lagi ini.” (=..=)

    >>> perjuangan masih panjang kawand
    #puk, puk, puk... menepuk pundak sendiri.

    Woiii, jangan blogging mulu! inget skripshit elo!
    (‘=..=)
    Iya, deh iya...

    BalasHapus
  2. Aku nek urusan css html ngunu, baru kuwi njuk langsung migrain...
    Makanya templateku ngunu ngunu ae ratau ganti.
    Tak kirain susah komen karena kolom komentarmu pake discroll barang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.
      mumet ra koen.

      gmpang nuh komennya..

      Hapus
    2. @Una: podho Na, aku yo asline gak mudheng css html. Tapi maksa nyoba ngoprek. haha..
      eh, scroll berpengaruh ya? huhuhu...

      @riva'i: mumet inyonge kiye, haha...
      ho'oh, gampang kog. Tergantung koneksi inet cuy...

      Hapus
    3. Nyonge yo lagi turu 2 jam kiye @.@
      *curcol*
      Hihi kalau pake tab sih pengaruh scroll.
      Opo mbak nyeluk2 aku nang cbox? :P

      Hapus
    4. mm, baru tahu kalo scroll pengaruh.
      Yadeh, nanti kalo sudah ada mood ngoprek2 lagi, mungkin aku bikin model laen. hihi.

      #nyeluk2 ben tangi Na. Wis tangi tho? hehe..
      :P

      Hapus
    5. eh, pada ngomong apa sih, ngomongin gw ya? hahahaha :D

      Hapus
  3. Balasan
    1. sabar john? haha...
      kemaren blogmu bikin senewen tau!
      mau buka, kog malah diarahkan ke laman bergambar dirimu yg lagi ingusen gitu. haha...
      (=,,=")

      Hapus
  4. yes, akhirnya, jd gampang mau komen diblogmu enha, kalo blh jujur sih, emang sedari awal jg aku tuh suka kewalahan kalo mau ninggalin komen, blogmu sederhana tp lumayan berat utk koneksiku..
    hehe :D

    aku sangat setuju dgn hikmah yg no 5. "fokus" itulah yg terpenting.

    tadinya sih, aku sempet nungguin, siapa tau kamu kirim email. tp aku bnr2 salut.. kamu pantang menyerah, gitu donk!!! ^_^)b

    skrg aku ksh tau ya, kode itu memang ada 3, kamu cukup paste di kode yg paling atas aja. yg terpisah sendiri, soalnya ada 2 kode yg posisinya berdekatan. nah cuekin aja 2 kode tersebut.

    kalo msh sempet coba lagi aja deh kamu benerin, jangan dipaste semuanya, takutnya berpengaruh dgn yg lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, kotak komen kadang ngajak maen petak umpet bro..
      XD

      kalo di paste ke kode yg paling atas, tetep enggak mau muncul..
      .>_<.
      jadinya, malah paste di bawah semua kode yg ada, wkkwkkwkk...

      sebelum ada gejala ke-eroran lebih lanjut, enggak bakal ngoprek kode script lagi... Kuapokk dah..
      (=___=")

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. gue sepertinya tahu blogger yang helping enha ne @.@ hoho..

      Hapus
    4. whoaamm, komennya kog dihapus bro?
      eh, ada ya, blogger yg ngebantuin akyu?
      [aku buru2 baca lagi post di atas]. Nyahaha, ternyata ada paragraf yg ambigu.

      Jd sebenarnya, bantuan itu baru tawaran. Belum terealisasikan. Kenapa? Karena setelah buka email [buat ngirimin template] jd inget omongan mimin sebuah grup. & Then, gak jadi dikirim deh...

      emangnya siapa yg helping si enha?
      masbro Penghuni 60? Yaps, betul sekali.
      hahahay. Beliaunya adlh senior, yg motivatornya sama kayak motivatorku.
      Sekarang sang motivator tsb [mungkin] lagi hiatus?

      #hoho, malah curcol lagi deh ah..
      (=..=)

      Hapus
    5. oh ya tak hapus karena salah ketik -__-".

      owh gak jadi ya @.@

      yaps, that' right. penghuni 60
      howh.. siapa motivator yang u maksud en @.
      summon gih, that's person must be cool @. ahaha... *jangan-jangan....

      Hapus
    6. enggak bisa disummon. Saya bukan siapa-siapa.
      (=..=)

      Hapus
  5. kalau cuma nanya gituan, googling donk ?
    like reza style in Indonesia Mystery Forum,haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. reza style? style gaya baru ya? wkkwkkwkk...

      Wah, wah, forumnya....
      pasti mbahas cerita2 misteri?
      cucok banget deh sama dirimu bro...

      oia, posting sesuatu yg berbau2 cons pea Ra see lagi donk, hehehe...
      :P

      Hapus
    2. join aja sist, indonesia mystery forum on facebook :D

      konspirasi? saya tidak begitu minat bidang itu :D

      Hapus
    3. hehe, ana lebih suka sama grup yg agak berbau-bau agama, tapi yg ilmiah gitu deh bro.
      la la la la la...
      :D

      tiap orang punya minat beda-beda...
      :D

      Hapus
  6. hihihii... serumpun kite sis, gue juga kagak paham ame edit2an HTML *puyeeeenggg* makanya kemaren sempet males ngblog #JanganDiTiru

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah? serumput? tidaakk, saya bukan kambing!

      #plak, woiii, baca lagi tuh: serumpuN cuy, bukan serumpuT! Parah lu...

      kalo puyeng, minum obat aja sistaa, haha...
      wah, jadi bagaimana ceritanya bisa sampai males ngeblog? Bukankah di blog, Naya jadi istrinya Vino?

      Wah, wah, harus rajin2 ngeblog donk ya...
      #jawaban yang ngelantur.

      Hapus
  7. huaaaaaaaaaaaaaahh gw juga mau ganti tamplate blog tapi ga bisa, buatin dong ehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, saya juga enggak bisa bikin mbaksist,, bisanya cuman mengacak2 templet...
      :P

      kalo mau templet2 yg bagus, tinggal nanya sama mbah gugel...
      wkkwkkwkk...
      XD

      Hapus
  8. Mau lo oprek kayak apa lapak lo, N! Tampilan paling yahud buat gue ttep mobile default! Bhahaha, krn gk tau kpn gue bakal nengok lapak lu pake laptop! Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo kagak nengok pake laptop, nengok aja pake kompie bro.
      Caranya gampang banget: pergi ke warnet terdekat. hihihi...

      Hapus
    2. hihihihi, gw ketawa dulu ya :D

      Hapus
  9. suka ama pesannya...apalagi no 4...
    salut atas perjuangannya dari pagi ampe isya perbaikinya^^

    BalasHapus
  10. ada postingan baru lagi.... ayo balik lagi ke blog gw :) makasih

    BalasHapus
  11. Kalo error gitu gampang banget caranya tho mba?
    Ngapain pake script2 ga jelas.
    Caranya itu udah ada di bloggernya sendiri, caranya Login Blogger > Rancangan > EDIT HTML > Cari bacaan "Kembalikan template widget ke default" biasanya ada di pojok kiri bawah, klik deh terus tekan yes. coba liat apa yang terjadi? Hahahaaaa, ga perlu pusing2 Googling sana-sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wooh, ada cara muudaahnya tho? hehe, baru tahu.
      Maklum, saya gaptek bro.
      (-________-)

      Hapus
  12. nah loh, blognya rusak :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum masuk tahap rusak sob...
      (T_T)

      Hapus
  13. hmm (-__-')/ akhir-akhir galau ngoprek template... semangat aja deh enha :D penuhi kemauan pelanggan eh pembaca *uhuuuuyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak Maya juga abis ngoprek template kan?
      hehe...
      aku suka templetnya yg sekarang mbak.
      Mataku jadi enggak silau lagi pas mampir ke rumahnya Mbak Maya.

      Hapus
  14. ^ wekeke.. santai en, ntar ane sundul naikin rank lo

    ^ howh... iya enh, yang pakai hp susah komen disini, coba setting for selulernya @., ini defaultnya ta? kok kolom komentar aneh y, aw aw aw

    ^ASPARTAME?? apa nih, pusing kepale kah @. haha..

    ^wakaka... hemm.. @.@ berapa kali copas di settingan layout ne, tentu ga ngawur kan, penempatan copasnya juga

    ^hikmah : Semakin kita berusaha, semakin kacau dan semakin banyak problema yang bisa kita kerjakan *loh loh

    btw, udah setingkat lebih advance ya masalah codingan html, selamattt.. *plok plok plok ^.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ^weleh, emang rank bisa disundul? haha... kayak posting di Kask*s aja: sundul gan. wkkwkkwkk..

      ^setting selular yg ini, sekarang udah aku default'in. Masih aneh ya? huhuhu... Belom bisa ngecek pake hape. Kagak ada pulsa.

      ^Aspartame, kalo kagak salah sih pemanis buatan.

      ^copast'nya kalo gak 3 kali, mungkin 4 atau 5 kali. Dan itupun NGAWUR bro, hahaha...

      ^hadaahh, itu hikmahnya kog negatif banget ya.. haha.

      tsetingkat lebih advance? Kayaknya enggak deh. Setingkat lebis stress sih, iya.
      :-(

      Hapus
    2. ^sepertinya rank bisa disundul, haha.. ^_

      ^tes dibawah diterima @. *loh kok

      ^waw.... O.o dan SUKSES.... --"

      ^masak seh.. ah merendah ni, ^.

      Hapus
  15. Saya juga termasuk sering ganti theme, bongkar pasang widget.
    Kadang kita memang ingin memberikan tampilan yagn menarik tapi terbentur pada masalah loading yang berat atau justru membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan kesuliatan untuk menggunakan fasilitas yang ada.

    Salam kenal.

    BalasHapus
  16. En! Lu punya fb, ya? Kasih, donk...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. malu ah, fb saya isinya abal-abal.
      :(

      Hapus
  17. Jadi intinya bisa dikomen via hape? Tapi tergantung hapenya juga sih.. Soalnya hapeku selalu gak pernah munccul kotak komennya untuk blog apapun termasuk blogku sendiri... :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaturannya salah mungkin bang???

      Hapus
  18. pengumuman: kalau saya malah gak bisa ngoprek kode script blasss....#gaptek tingkat dewa

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bener mbak
      @_@

      #enggak percaya nih saya...
      hehe...

      Hapus
  19. sama saya juga gaptek, mari berpelukaaan, tapi demen ngotak ngatik template sih, dan yg skarang adalah template ke 4, pake template bawaan blogger terus di ubah dikit, rencananya mo ganti lg tp tunggu waktu yang pas, siapin mental dan kesabaran juga kondisi mata harus stabil krn bakalan melotot lama2 :P

    semangka yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. #berpelukan.

      semangka juga eaa kakak..
      ^_^

      Hapus
    2. btw anw busway itu headernya sapa yang bikin?? aku lagi nyari ilham untuk bikin header :D

      Hapus
    3. header abal-abalnya, kebetulan aku bikin sendiri mbak...
      Semoga segera ketemu ilham...
      :D

      Hapus
  20. wah, wah si mba doyan ngoprek template juga yah :)

    tapi blognya udah manteb kok mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terpaksa bro...
      T^T

      eh, masa' sih? Mantep apanya? ancurnya yaa??
      LOL

      Hapus
  21. Haha sama pengalamanya dulu ngoprek sampe puyeng seharian.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salaman yuuk..

      #eh gak boleh dink ya... (=..=)

      Hapus
    2. TOS aja kalau gitu.. #eh

      Hapus
  22. yeeiii..bisa komen dan nyampah bebas lagiii, eh?
    ganti templte pngaruh sama rank yaa?baru tau..*gaptekjgtrnyata*hehee
    Saya juga kalo lagi mood, template blog bisa saya jungkir balikin :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. komennya Ka, enggak ada yg jd sampah.
      >_<

      katanya sih begitu, efek dari gonta-ganti templet. Tapi enggak tahu juga deh...

      Berarti Ka udah mahir ngoprek2 beginian donk? ajarin akuuuu...

      Hapus
  23. Saya mah kalo template pake bawaan aja. Kalo pake download-an, gadget nya berantakan. *curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga templet bawaan blogger mbak. Tapi katanya form komen terkadang ngumpet.
      :(

      #ikutan curhat.

      Hapus
  24. oh form komentar yang pop up ya..?

    saya juga habis bongkar2 template.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sob, semoga gak ruwet ya sob.
      :D

      Hapus
  25. Tombol reply di mobile view gak fungsi, En! Blank^

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaptek.....aku bangettt tu...akukan bloger ...BONEK....

      Hapus
    2. @eksak: keluhan Anda sementara akan kami pending. Males ngoprek html lagi nih cuy.

      @mahbub ikhsan: sama bro.. XD

      Hapus
  26. wew, masa sih, kok aku gak ngerasa susah ya komen disini, hmmm, gak pernah pake hape sih buat ronda, hmm, jadi sekarang gmn dong maunya ??? #lho kok nanya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya gimana? gampang kog, ituh, si engkong eksak dikasih komputer gitu,
      biar enggak bawel lagi. Bisa bang?

      (=,,=)

      Hapus
    2. bisa aja, asal dia mau ngepel di kamer ane selama setahun, eh 2 taun deh, hahaha :D

      Hapus
    3. eh, sepertinya itu syarat yg mudah buat kang eksak.
      XD

      Hapus
  27. woiii......kemane nih kagak nongol2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sibuk di dunia nyata sist...
      kangen ya sama aku.
      hehehe..

      #berharap. @_@

      Hapus
  28. enha,,, cara bikin kolom komentar yg ada scol nya macam begian gimana sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalau ini aku juga nyoba cara dari orang bang. alamat orangnya saya kasih pas nanti maen ke tempatmu (web).

      Hapus
  29. masukin script komentar klasik memang susah, makanya aku malas pasangnya :D

    *perihal verifikasi SMS FB insya allah aman, tapi tetap hati2, terutama kalau merasa tidak pernah melakukannya

    BalasHapus
  30. terimakasih atas jawabannya bro...
    :D

    BalasHapus
  31. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    BalasHapus
  32. Bu EnHa.. Kakak Senior yang bilang “Kalau cuma nanya gituan, Googling donk!”
    besok tanggal 4 januari sidang proposal.
    [dipanggil IBU lagi...]

    =.="

    BalasHapus
  33. Coba sekali lagi - mati itu sangat mudah,
    Bertahan hiduplah yang susah.

    Just have one more try - it’s dead easy to die,
    It’s the keeping-on-living that’s hard.
    [The Quitter-Robert W. Service]

    Grand Lodge
    [balsem.gratis]

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuhu, I know that. Doakan saya semoga segera sidang skripsi ya Kek. Amin. :)
      Kutipannya kenapa musti pake Grand Lodge? wkkwkkwkk. Balsem gratis pula. Kog bisa balsem gratis ya, maksudnya? apakah maksudnya remason? ~Lalalalala.

      Hapus

Pertanyaan, kritik, saran, komentar? Silakan keluarkan uneg-unegnya. Tak perlu malu-malu... hehe... Oia, untuk sementara (sampai batas waktu yg belum tahu kapan), komentarnya aku moderasi yaaa... Have a nice day. Terimakasih sudah mampir dan membaca. ^_^