Rabu, 27 Februari 2013

Orang (Gak) Pintar (Gak Boleh) Minum Tolak Angin? Mbuhlah...

“Minum Tolak Angin aja kok harus pintar,” celetuk sepupuku waktu aku menirukan tagline iklan Tolak Angin yang terkenal itu. Enggak cuma berhenti di situ, sepupuku bahkan juga bilang kalo tagline tadi gak bermutu. Wow, wow, wow... segampang itukah dia men-judge sebuah tagline menjadi gak bermutu? Bikin iklan tuh susah tahu!

Facebookan
Rasan-Rasan ono FB

Bukannya tagline itu emang diciptakan sebagai identitas produk yang diiklankan ya? Soal tagline iklan Tolak Angin yang bilang “Orang Pintar Minum Tolak Angin”, menurutku gak ada yang salah dengannya. Mungkin si pengiklan pengen bilang: Kalo masuk angin, alangkah baiknya minum Tolak Angin. Jadi bisa dibilang, minum Tolak Angin adalah (salah satu) pilihan pintar untuk menyembuhkan masuk angin. Orang yang melakukan pilihan pintar, tentu saja dianggap orang pintar donk ya? Mbuhlah.

Apakah orang yang gak suka minum Tolak Angin, orang-orang yang gak pintar? Gak gitu juga kaleee... Apakah orang bodoh yang Minum Tolak Angin, lantas jadi pintar? Wkwkwkwk, emangnya Tolak Angin obat ajaib apa?! Mbuhlah. Menurutku secara pribadi, tagline iklan Tolak Angin tuh cuma pengen bilang: minum Tolak Angin merupakan pilihan pintar untuk menyembuhkan masuk angin. Itu thok. Gak puas sama pengartian yang kuberikan? Pengen tahu arti tagline Tolak Angin yang benar? Tanya saja sama biro Ads yang bikin atau sama Markom’nya aja. Wkwkwk...

Tolak Angin Cair
Tolak Angin Cair

Orang Pintar VS Orang Bejo
Mungkin biro ads nya Bintang Toedjoe udah melakukan survey sebelum eksekusi iklan. Dan (mungkin) salah satu cara untuk ‘menggoyang’ posisi Tolak Angin adalah menyerang taglinenya. Buktinya, Bintang Toedjoe menggunakan tagline “Minum Bintangin Nggak Harus Pinter” buat produk Bintangin yang bintang iklannya Slank, dan “Orang Bejo, minum Bintang Toedjoe Masuk Angin” untuk iklan yg dibintangi Bob Sadino.

Chotto Matte, apakah cuma perasaanku saja kalo Bintangin dan Bintang Toedjoe Masuk Angin itu produk yang sama? Kalo iya, kenapa namanya berubah? Apakah tagline awal mereka gagal, produknya gak terkenal, terus melalukan rebranding produk dengan nama yang beda? Mbuhlah, aku bikin tulisan ini malah enggak pake browsing tentang itu. Wkwkwk...

Orang bejo emang lebih untung daripada orang pintar. Tapi apa ada orang yang bisa bejo melulu? Mbuhlah. Yang jelas saat ini aku lebih suka minum Tolak Angin, dari pada jamu herbal yang lain. Bukan karena taglinenya, tapi karena manfaatnya. Pertama kali minum Tolak Angin tuh, rasanya semriwing, dan bikin mata langsung melek. Produk lain belom nyoba sih ya, jadi belom tahu apa bedanya. Wkwkwkwk...

Kalo Enha udah nyoba Bintangin, Bintang Toedjoe Masuk Angin, dan Antangin, nanti tulisan ini tak updatenya lagi. Tapi jangan doakan Enha biar masuk angin ya... Akhir kata, semoga harimu menyenangkan. Dan semoga kamu yang lagi masuk angin, bisa cepet bugar lagi. Bye...

Keterangan
mbuhlah: Nggak tahu dah.
Chotto Matte: Tunggu sebentar.


16 komentar:

  1. matte... ni enha lagi ngiklankah hehehehe
    menurutku tagline tolak angin tidak ada yang salah. Barulah ketika ada tagline nggak harus pinter itu barulah orang-orang mulai pada ngomong harus pinter dulu kalau mau minum tolak angin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk... sebetulnya pengen nyampein uneg-uneg aja. Tapi berhubung uneg-unegnya terkait sebuah produk, mungkin bisa dibilang iklan terselubung kali ya? haha :P

      dan orang yg merasa gak pinter, jadi minder buat minum Tolak Angin. Begitu mungkin ya?
      ~gak enak buat nanya langsung ama sepupu. hehe... -__-"

      Hapus
  2. ni repiu prodak apa mencela produk sih!!??? bahahaha, aneh jalan pikiran cewek yang satu ini, ampe bungkus tolak anginnya dipoto segala... huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan dua-duanya, hehe. (^͜^)
      musti masang bungkusnya juga donk, biar valid. Jangan2 ada yg belum kenal ama Tolak angin yg lagi eike omongin. wkwkwk

      Hapus
  3. kayak ikut kontes SEO aja., bs2 gara2 postingan ini tolak angin jd tambah diatas angin *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip kontes SEO ya? haha...
      XD

      Hapus
  4. haha iklan kadang suka nyerang blak blakan ya, padahal dalam peraturannya nggak boleh. pernah baca itu dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Zie, jaman gini gak iklan gak kampanye, masih ada aja yg suka saling serang. Θ_Θ

      Hapus
  5. wah ini dibayar berapa nih sama yang bersangkutan... hahaha.... seratus persen kontainnya penuh iklan nih... hahaha... oya, anyway, baru tau, kalau bejo itu dari bintang toedjoeh.... -_-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak dibayar.. wkwkwk... (¬,¬)
      tuh kan, bang Nuel malah baru tau kalo bejo taglinenya bintang 7. Brarti iklannya gak mengena kan ea? wkwkwk...

      Hapus
  6. cie yang review, cie cie cie ... makan makan dong ... #bejo ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cie cie yg mau nikah, tapi embuh :P
      boleh dah makan-makan, oom mangki yg traktir kan?
      #yg bejo itu aku donk, hehe. :P

      Hapus
  7. nha, suka minum tolak angin ya...
    kok kalo d lidahku rasanya gak cucok yaa...jd kurang suka
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ka, soalnya abis minum TA badan jadi lebih seger. Apalagi kalo kurang tidur, minum TA jadi melek.

      Awalnya aku juga gak suka, "Yuck, pedes, pait, manis gimanaaa gitu" tapi lama-lama jadi biasa...
      XD

      Hapus

Pertanyaan, kritik, saran, komentar? Silakan keluarkan uneg-unegnya. Tak perlu malu-malu... hehe... Oia, untuk sementara (sampai batas waktu yg belum tahu kapan), komentarnya aku moderasi yaaa... Have a nice day. Terimakasih sudah mampir dan membaca. ^_^