Kamis, 01 Mei 2014

Tujuh Macam SMS berdasarkan Fungsinya

Bismillah...

Komunikasi berdasarkan prosesnya, bisa dikategorikan menjadi dua jenis: komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Komunikasi langsung maksudnya, komunikasi yang bisa langsung dapat feedback. Sedangkan komunikasi tidak langsung, berupa komunikasi yang tidak langsung dapat feedback. Ya iyalah, semua orang juga tahu. :v

Salah satu contoh komunikasi langsung, yakni komunikasi dengan menggunakan media handphone. Komunikasi langsung bermediakan handphone juga ada banyak macamnya. Komunikasi ini tergantung dari jenis hape yang dimiliki oleh komunikator maupun komunikan.

Ada yang handphone-nya pintar: bisa buat kirim SMS, wechatt, line, dan sebagainya dan sebagainya. Ada yang handphone-nya sedang-sedang saja: masih bisa buat ngenet dan chatting lah pokoknya. Dan yang terakhir, kalau ada hape pintar, itu berarti ada juga handphone yang *baka* alias stupidphone atawa dumbphone: hape yang cuma bisa buat nelpon dan SMS’an. Yang terakhir ini, contohnya termasuk hape saya yang sekarang. ٦(¬,¬٦)

Berhubung hape saya cuma bisa buat nelpon dan SMS, kali ini saya akan membahas mengenai komunikasi langsung bermediakan hape, melalui fasilitas SMS. Disclaimer: Catatan ini tidak saya tulis waktu dalam kondisi berpikir serius, tidak 100 persen aware, bahkan mungkin terkesan ngawur. Tulisan ini untuk main-main saja, nulisnya sambil cengar-cengir, tidak pakai landasan ilmiah apalagi hingga riset segala. :v

cara ber-SMS
Ada yang sering ngelakuin hal ini? Ane salah satunya ƪ(‾ε‾“)ʃ (credit)
*******

Fasilitas Short Message Service atau lebih sering kita kenal dengan SMS, sangat memudahkan kita dalam melakukan komunikasi. Cukup mainkan jari, pencet beberapa tombol, kita sudah bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang nun jauh entah di mana (asalkan ada pulsa dan sinyal tentunya).

Layanan SMS ini sangat berguna bagi orang-orang yang phobia nelpon seperti saya. Coba bayangkan kalau tidak ada fasilitas SMS, dan ingat, hape saya (dan juga hape teman yang sering saya ajak berkomunikasi) tidak nyambung internet. Masa’ kalau cuma mau komunikasi basa-basi, harus kirim surat via pos. Atau, biar lebih enggak mainstream lagi, kirim surat via burung merpati. Lama amat dapat balasannya cing. Θ_Θ

Tapi, meski manfaatnya sangat besar, sayangnya, seringkali SMS juga disalah gunakan oleh sebagian orang tak bertanggungjawab; orang iseng; maupun orang yang pengen melakukan penipuan. Berikut ini, macam kegunaan SMS yang saya temukan berdasarkan pengamatan secara umum:

  • SMS untuk sarana komunikasi biasa.
Kalo SMS yang satu ini, kalian pasti sudah biasa melakukannya bukan? Sekedar tanya hal yang remeh temeh, atau bahkan untuk undangan kumpul-kumpul bareng teman. Jadi, kategori ini tidak memerlukan penjelasan yang ribet. 

lupa balas SMS
Kadang ane juga sering kelupaan balas SMS. Ada yang woles aja, ada yang sampe marah lebay ala drama queen. Maafin ane :v (credit)

  • SMS untuk Iseng. 
Mungkin kalian juga pernah mendapat atau bahkan mengirimkan SMS semacam ini? SMS yang tujuannya cuma untuk sekedar having fun, ngegodain temen-temen yang sudah dikenal akrab tentunya. Contoh SMS yang iseng nih kayak gini: 
“Waktu mau SMS kamu, hatiku jadi deg degan. 
Gak tau kenapa ... 
akhirnya aku beranikan diri tuk ungkapkan. 
Sebuah rasa yang selama ini terpendam, 
di lubuk hatiku yang paling dalam. 
Bahwa selama ini ...
Aku sayang banget sama.... PULSA ku” 
Gak iseng gimana coba? Sayang pulsa, tapi tetep kirim SMS... :v :v :v 

SMS iseng
Maddog pun suka iseng ternyata :v (credit)

  • SMS Penipuan.
Ada lho, SMS beginian. SMS berkedok penipuan undian berhadiah. Buat yang kebal sih, SMS yang seperti ini pasti nggak akan digubris, bahkan pasti akan langsung dihapus. Namun, bagi yang belum berpengalaman, pasti dia akan tertipu. Tapi... “Ah masak sih, ada orang lugu, bisa ketipu SMS macam gini?” Ada kog, buktinya, tetangganya-tetangga-saya, sampe ada yang mengeluarkan duit lumayan banyak, buat nyari kantor pusat untuk mengklaim hadiah undian, yang konon katanya dia berhasil memenangkan sebuah mobil. Salah dia sendiri juga sih, dibilangin yang sudah pengalaman malah enggak percaya. 

SMS penipuan

Ya jelas sulit tersambung lah, lha wong yang Anda hubungi ini sebenarnya nomer modem og.
 ( ̄ □  ̄;)
  • SMS nyedot pulsa.
Pernah dapet SMS yang bunyinya kurang lebih 'Mama, minta pulsa donk'? Saking jengkelnya gara-gara keseringan dapat SMS beginian, teman saya pernah membalas si pengirim sms dengan bunyi:Mama gundulmu, aku ini bapakmu! ( O )

SMS ayah minta pulsa

Padahal, pulsa modem ane aja Rp. 0, eh ini ada yang minta di-isiin pulsa :v
Selain SMS “mama minta pulsa” dan “mama, minta pulsa donk”, ada lagi SMS aneh bin misterius, yang ujug-ujug bilang, “Saya yang tadi survey rumah bapak, blah blah blah,” atau SMS yang bunyinya “Mohon uangnya ditransfer ke rekening, blah, blah, blah.” Konon katanya nih ya, dua SMS terakhir ini, kalau dibalas bisa nyedot pulsa. Hiiiiiy, takut. Langsung hapus aja kalo dapat SMS begituan. Jangan sok-sok’an dibalas kayak teman saya tadi, yang jengkel dimintain pulsa sama anaknya. (¬_¬").

SMS minta transfer
Angsuran apaan ya? (゜◇゜)

  • Ngabisin Gratisan.
Nah, jenis SMS yang satu ini kerap dikirimkan oleh orang-orang yang “kelebihan alias kebanyakan dapat gratisan”. Saking bingung gimana caranya ngabisin gratisan, pasti isi SMS-nya ngaco dan ngelantur kemana-mana. Bahkan, sering kali menjurus kepada SMS tipe kedua (SMS iseng). Orang-orang yang melakukan SMS semacam ini, biasanya mempunyai falsafah: “Sayang kan, kalo gratisan gak dipake, bisa mubazir! Mubazir kan temennya setan.”

Falsafah “Sayang kan, kalo gratisan gak dipake, bisa mubazir!” ini, pernah saya terapkan ketika operator yang saya pakai lagi getol-getolnya menawarkan promo: “Tiga kali SMS, gratis 100 SMS ke semua operator”. Dan yap, saya sempat kalap. Tapi, SMS yang saya kirimkan bukan SMS iseng, melainkan SMS berisi quote-quote motivasi. Istilah saya waktu itu adalah ‘Quote of the day’. Yang saya SMS rata-rata cukup senang menerima SMS ini. Tapi, berhubung operator saya sudah mulai pelit, saya pun menghentikan program ‘Quote of The Day’ tersebut. Sorry all. (_ _ ”) 

kebanyakan gratisan SMS

Ada yang seperti ini? Kalo ada, kirimin ke ane aja gan, nanti ane bikin ‘quote of the day’ edisi 2. ٦(¬,¬٦) (credit)

  • Nyari Kenalan.
SMS jenis ini, biasanya diawali oleh SMS gak jelas, umumnya sih pura-pura salah kirim SMS. Tapi ujung-ujungnya ngajakin kenalan. SMS semacam ini biasanya juga disertai dengan miskol-miskol yang enggak jelas pula. Kalo dapet SMS semacam ini, biasanya akan saya abaikan. Kecuali kalo saya sedang tajir pulsa, kurang gawean, dan kumat isengnya, pasti akan saya ladeni barang sekali dua kali SMS. (“ ~,~) 
miskol modem
Nomer modem ane kena miskol :v
  • Bisnis.
Untuk tipe yang satu ini, biasanya berisi iklan tentang suatu hal. Misalnya menawarkan barang atau jasa. SMS tipe ini terbagi dalam dua kategori: pertama, SMS yang joinan sama operator. Bisa dikenali dengan ciri-cirinya yang hampir sama: “ketik REG SPASI blah blah blah” atau “Ketik bintang-sekian-sekian-bintang-sekian-sekian-pagar (contoh: *6390*103#)”.
Kategori yang kedua, SMS yang murni dilakukan individu untuk mempromosikan barang atau jasanya. Contoh: “Terimakasih telah isi pulsa di toko ini. Untuk pulsa voucher listrik, token, dan game juga ada. Jangan lupa, belinya mampir dimari lagi yaa...”
SMS provider

 "Huffftt..." ƪ(‾ε‾“)ʃ  (credit)
Untuk saat ini, mungkin hanya tipe-tipe di atas yang sekarang lazim beredar. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa seiring dengan perkembangan zaman, siapa tahu akan beredar tipe-tipe SMS, yang mungkin akan lebih menghebohkan. Atau, jangan-jangan sudah ada SMS tipe terbaru yang lainnya, dan saya-nya saja yang belum tahu.

Akhirulkallam, sekian, dan terimakasih sudah menyempatkan diri untuk membaca sampai akhir.
Bye.

12 komentar:

  1. Hahaha bener banget yang mentally respond tapi lupa bales hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, tooss dulu.
      Ternyata banyak juga orang yg semacam ini. Temenku juga. Waktu baca postingan di atas, dianya ngaku, kadang juga mentally respond, tapi lupa buat actually respon. XD

      Hapus
  2. aku belum pernah ngirim sms, apalagi menerima :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mbak Ely, seringnya email-emailan ya?
      :D

      Hapus
  3. Sy yg ngabisin gratisan.
    Kalo ada sms dr sy, brarti sy lg punya gratisan, kalo lg g da gratisan, trpaksa nebeng punya org, hoho...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau donk mbak, dikirimi SMS.
      udah lama gak ada yg ngasih SMS tausyiah/ SMS motivasi. @.@"

      Hapus
  4. Mwahaha aku udah semuanya dapat Nha... and yess, kita samaan punya hape jadul ^^ ., tapi biarin ah, biar gak keseringan mesra2an sama Hape *alibi (padahal kalo ada yang beliin langsung sikat)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D
      hehehe, *tooss* dulu sist :D

      kalo berkaca dari pengalaman sih, punya hape jadul malah merasa enggak terlalu terikat dg hape. Mau ngenet, enggak bisa, karena nggak nyambung internet. Mau dengerin musik, enggak bisa karena emang nggak da fasilitas pemutar musik ataupun video2 3gp.

      mau motret, enggak bisa, nggak ada kamera. Mau nge-game pun, gamenya itu2 saja. Lama2 bosen juga. Kalo lagi boring ketika bepergian, kegiatannya bukan mainan gadget lagi, tapi jadi pengamat. wkwkwk
      XD

      Hapus
    2. Sekarang Hp-ku malah seringnya ngadat... baterenya jebol, habis kalau udah sms bisa sampe melayang ni jari. Sering banget yang komplen, pake BB donk... pake WA donk... aish, gak pakai gitu2 lah aku! Masih seneng dengan sms yang agak2 gmana gitu tunggu balasannya :D

      Hapus
    3. hihi, sama sist. Kalo saya ada alasan lain kenapa gak segera ganti hape canggih, alasannya gak banget: Pengeluaran pasti bakal nambah untuk biaya akses data internet.

      Kalo mau ngenet, musti pake lepi. Dan cara ini, menurutku bisa meminimalisir ketergantungan internet. :v

      Hapus
  5. Balasan
    1. yang mana yg bener banget sob? :v

      Hapus

Pertanyaan, kritik, saran, komentar? Silakan keluarkan uneg-unegnya. Tak perlu malu-malu... hehe... Oia, untuk sementara (sampai batas waktu yg belum tahu kapan), komentarnya aku moderasi yaaa... Have a nice day. Terimakasih sudah mampir dan membaca. ^_^