Rabu, 17 Oktober 2012

Anjing dan Kucing Kena Scabies Akut, Rentan Terhadap Kematian

Scabies? Apa itu?

Berbagai macam jenis penyakit kulit terkadang menghinggapi anjing maupun kucing kesayangan kita. Selain mengusik rasa nyaman si peliharaan, penyakit kulit juga kerap membuat penampilan mereka menjadi kurang sedap dipandang mata.

Jenis penyakit kulit yang sering menyerang anjing dan kucing ini, antara lain adalah: demodikosis, dermatitis allergica, eczema, ektoparasit, serangan jamur cryptococcus, kutu atau pinjal, ringworm dan scabies. Nah, enha hanya akan membahas tentang scabies saja. Karena penyakit ini cukup sering dijumpai pada anjing dan kucing. Bahkan katanya, penyakit tersebut juga terkadang dapat ditemukan pada manusia. (‘0’)

Scabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau.
“Scabies menyebabkan timbulnya kerak-kerak di kulit. Untuk anjing dan kucing, biasanya munculnya di ujung telinga,” terang dokter Anita.

Scabies Bisa Menyebabkan Kematian

Cuma penyakit kulit, lantas kenapa bisa membawa pada kematian? Dokter Anita mengatakan bahwa Scabies sendiri bisa memicu rasa gatal yang teramat sangat. Gatal yang dirasakan oleh anjing maupun kucing, bisa membuat nafsu makan mereka menjadi berkurang.
“Penyakit ini (scabies), kalau kena parah maka nafsu makan akan turun, makin lama anjing atau kucing kita akan makin nge-drop lalu akan mati. Itu bagi mereka yang tidak segera tertangani,” jelas dokter yang berpraktek di daerah Kawatan ini.

Lalu, Gejalanya Bagaimana?

Gejala terkena scabies antara lain yaitu bulu rontok akibat sering menggaruk pada bagian yang gatal. Terdapat kerak kulit dengan tepi yang tidak merata disertai keropeng, kulit bersisik dan diikuti dengan terjadinya reruntuhan jaringan kulit. Nafsu makan hewan pun menjadi turun karena rasa gatal yang amat sangat.

kucing, scabies
Kucing yang kena scabies

Terus, Pengobatannya?

Pengobatan penyakit scabies harus dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan memberikan suntikan cairan Ivermectin. Hal ini hanya boleh dilakukan oleh dokter ahli karena harus menggunakan dosis yang tepat. Sedangkan cara yang kedua, dengan pengobatan dari luar menggunakan shampoo khusus serta salep.

Untuk shampoo, gunakan shampoo dengan bahan aktif Sulfur. Atau bisa juga dengan melarutkan satu mililiter (ml) obat dengan bahan aktif Amitraz 5 persen ke dalam 100 ml air. Larutan ini digunakan untuk membasuh hewan yang terkena scabies. Sebelum diolesi salep, anjing atau kucing tersebut sebaiknya dibersihkan dulu dengan alkohol. Baru kemudian dilanjutkan dengan mengoleskan salep yang mengandung Permethrin 5 persen.

Hasil pengobatan memang tidak akan langsung terlihat. Karena membasmi tungau penyebab scabies tersebut memerlukan waktu relatif agak lama. Agar tidak menimbulkan keraguan tentang kondisi anjing atau kucing kita yang terserang scabies, maka sebaiknya mereka juga diperiksakan ke dokter hewan terdekat.

NB: Di daerah tempat tinggal enha, kucing yang terkena Scabies biasanya disebut “gudiken”. Nah untuk gudiken sendiri, ada obat tradisionalnya lho. Apa obatnya? Oli bekas. Tinggal dioleskan ke bagian yang terkena gudik. Ulangi pengolesan dalam beberapa hari. Jangan lupa, kalau sudah kering olinya, kucingnya dimandikan yaa. Pengobatan ini pernah enha cobakan pada anak-anak kucing enha. Ada dua hasil yang berbeda dengan cara pengobatan ini. Kucing yang pertama, sembuh dengan selamat. Sedangkan kucing yang kedua, meninggal dengan tenang. Kalau enggak mau menjadikan kucing atau anjing kesayangan sebagai percobaan, maka sebaiknya dibawa ke dokter hewan saja. ^_^

101 komentar:

  1. bARU TAHU ttg penyakit pd kucing/anjing ini. Selama ini pny kucing di rumah gak prnh ada yg sakit scabies kayaknya..

    BalasHapus
  2. Kucing anggora anakan betina dksh temen udh seminggu drumah,2hr ga mau makan.
    Td aku bwa ke dokter hewan tempatku dlu bekerja. Katanya sdh parah,dam di suntik jeksi. Aku blg ahq ga mau makan,dok. Dsurh ksh makan wiskas sacet krn textrnya lembut.
    Dan kalo nti atau dlm 2hr mati,ithu bkn krn pengaruh obtnya,tapi krn pnyakit nya sdh parah.skr kucingnya mau makan yg sacetan wiskas.

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. untunglah sob, kalo dia mau makan berarti masih ada harapan untuk sembuh. Soalnya kata dokter Anita pas aku wawancarai dulu, scabies nih cuma penyakit kulit. Bisa mengakibatkan mati, kalo memang udah paraaahh.

      Kalo parah, si kucing jadi males makan. Lama-lama dia gak punya asupan nutrisi. Mati deh. Kalo masih mau makan, masih bisa sembuh donk eaa. Kucingku dulu juga gitu. Jangan lupa, rutin bawa ke dokter buat konsultasi. Anggora pan mahal eaa, meski cuma pemberian temen c... Beda ama kucingku, dianya cuman kucing 'biasa' sob. ~gak tega mau bilang kucing kampung. =__=

      Etapi, aku gak tahu ada perbedaan ato enggak masalah kekebalan tubuh kucing kampung ama kucing peranakan. Semoga kucingnya lekas sembuh eaa.

      Hapus
  4. Kucingku kayaknya jg kena scabies :(
    kucingku msh kitten, tp bkn kucing ras *kucing kampung u,u*
    kerakny malah ud k seluruh tbuh TT
    ak bingung gmn cra ngatasiny slain dbw k dokter. Ak baca bisa dksh salep scabicid, tp ak ragu ap aman kalo ntar dijilat kucingku :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalo udah nyebar ke seluruh tubuh, artinya udah lumayan parah sob. ada alternatif pengobatan selain salep sih, dimandiin pake shampo yg ada zat aktif sulfurnya.

      Kalo tetep mau nyoba pake scabicid, jangan lupa si kucing dipasangi e-Collar, biar salepnya gak dijilatin ama si kucing. E-collar tuh, bentuknya kayak kerahnya ratu Elizabeth jaman baheula. Yg difilm2 itu lho. E-collar bisa dibeli di petshop, dan harganya lumayan WOW deh kayaknya. wkwkwk...

      Nih, kalo mau bikin e-collar sendiri, aku kasih linknya:
      http://welovecatsomuch.blogspot.com/2012/07/membuat-e-collar-atau-cone-home-made.html
      #hiks, kenapa aku ngelink blog orang lain dikomenku sendiri eaa.. :(

      Semoga lekas sembuh eaa.. ;)

      Hapus
    2. eia ada tambahan, tadi aku search mbah Gugel, trus nemu gambar kucing pake e-collar buatan sendiri. Bahannya dari piring kertas, dilubangi bagian tengahnya. Terus digunting di salah satu sisi. Dipasang dileher kucing, selanjutnya disolasi.

      Keknya ini bisa jadi alternatif cara guampang bikin e-collar.

      #maaf, link gambarnya lupa kucatat. :(

      Hapus
  5. Kucingku baru saja mati, kena scabies akut,,, awalnya trlalu percaya dg petshop besar yg mengatakan bahwa itu hanya jamur biasa,, dlm waktu 3 minggu sudah menjalar ke seluruh tubuh,,, :(

    BalasHapus
  6. Kucingku baru saja mati krn scabies parah, trlalu percaya petshop jd trlambat pengobatan ke dokternya :(

    BalasHapus
  7. Kucingku baru saja mati, kena scabies akut,,, awalnya trlalu percaya dg petshop besar yg mengatakan bahwa itu hanya jamur biasa,, dlm waktu 3 minggu sudah menjalar ke seluruh tubuh,,, :(

    BalasHapus
  8. jamuran sama scabies kan beda ya, suka banyak yang salah diagnosa kalo di petshop2 gt biasanya di kasi obat jamuran dan scabies sama, padahal kan beda penyakit jamur sama scabies, kalo suntik ivermectin di dokter hewan mahal ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. he'eh sist/bro, beda. kalo gak salah, jamuran bentuknya bintik2 berair gitu, sedangkan scabies bentuknya kayak berkerak gitu.

      aku belum pernah nyoba nyuntikin kucing ke dokter nih. Soal biaya, mungkin harganya hampir sama kayak kalo kita suntik ke dokter umum. Bawa aja ke dokternya, trus nanya2 deh. Dokter hewan kan pecinta hewan, jadi pasti tahu banget mengenai solusi yg bisa diberikan.
      :))

      Hapus
    2. kucingku jg kena scabies,untungnya setelah di bawa ke dokter dalam waktu 7hr lngsung rontok dech tu kerak"nya..biaya ke dokter cuma 35rb doang klau di kotaku ya malah ada yg 25rb,3x suntik lngsung kbur tu scabies,alhamdulilah.klau mau di ksih obt cb ksih ketonazole/intrakonazole dosisnya 1/8 ato 1/10 tiap hr 1x aja,dan hrus rutim klau klupaan sehari hrus ngulang lg dr awal itungannya biasanya 2minggu smbuh jg klau blum bgthu parah.

      Hapus
    3. klau biaya ke dokter di kotaku 25-35rb,biasanya disuntik seminggu jg sembuh,biasanya klau lg gk mls aq obatin sndiri aq ksih intrakonazole/ ketozonazole dosisnya 1/8 ato 1/10 tiap hr klau klewat shari hrus ngulang lg dr awal,dilihat slama seminggu ada prubahan gk klau udh pd rontok trusin klau gk mlah mkin parah solusinya bawa ke dokter hwan,tpi biasanya kucingku 2minggu smbuh aku mnumi itu.

      Hapus
    4. Terimakasih sekali atas tambahan infonya mbaksist.
      Semoga memberikan pencerahan bagi mereka yang membutuhkan.
      Have a nice day. :)

      Hapus
  9. penyebabnya apa itu? bisa menular kekucing lainnya nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. scabies disebabkan oleh tungau, dan penyakit ini memang bisa menular.

      Hapus
  10. kucingku..... dikira luka akibat berantem.. tapi lama kelamaan lukanya kaya scabies...baru di kepala doang, skarang nular sama 6 kucing yg lain baru di telinga T_T ada saraaaan ? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. mumpung belum parah, bawa ke dokter aja sist.
      Nanti pasti dikasih obat kan tuh, biar hemat satu obat untuk semua deh :v :v :v
      Atauu, bisa baca sarannya sist Ani Tata di komen atas.
      Semoga cepat sembuh ya kucingnya. :))

      Hapus
  11. Anjingq jg kena scabies.. Skarang udah makin kurus, padahal dulunya gendut bgt.. Kalo intrakonazole belinya dimana ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf balasannya lama. :(

      sudah dibawa ke dokter hewan?
      itraconazole ya? sudah nyoba nanya ke apotik terdekat?

      Hapus
  12. kucingku persia kena scabies semua. kemarin kittennya mati 2 kena scabies parah. awalnya aku pikir itu jamuran biasa dan bisa sembuh sendiri, kata temen juga kalo jamuran gak bikin mati. eh gak taunya pas aku bawa ke dokter mereka kena scabies parah dan harus disuntik. suntiknya per kucing Rp 50.000 jadi 2 ekor kucing Rp 100.000 . kalo kittennya dokter gak berani suntik karena resikonya gede :(
    trus aku dikasih resep sama dokter buat asupan vitaminnya. di apotek aku beli vitamin b-complex, scabicid, alkohol dan sabun sulfur. ini udah mulai perawatan
    ada saran mungkin??

    BalasHapus
  13. kucingku persia kena scabies semua. kemarin kittennya mati 2 kena scabies parah. awalnya aku pikir itu jamuran biasa dan bisa sembuh sendiri, kata temen juga kalo jamuran gak bikin mati. eh gak taunya pas aku bawa ke dokter mereka kena scabies parah dan harus disuntik. suntiknya per kucing Rp 50.000 jadi 2 ekor kucing Rp 100.000 . kalo kittennya dokter gak berani suntik karena resikonya gede :(
    trus aku dikasih resep sama dokter buat asupan vitaminnya. di apotek aku beli vitamin b-complex, scabicid, alkohol dan sabun sulfur. ini udah mulai perawatan
    ada saran mungkin??

    BalasHapus
  14. kalo suntik ke dokter per ekornya Rp 50.000 . kucingku kena scabies parah, aku kira cuma jamuran biasa, eh sampe kittennya mati 2 ekor. sama dokter dikasih resep vitamin b-complex. sekalian aku beli alkohol 70% buat disinfektan, bersihin kucing dan kandangnya. salep scabicid sama sabun sulfur
    ada saran kakak-kakak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang masih kitten memang resikonya gedhe sist, makanya dokter gak berani nyuntik. Takutnya mungkin si kitten ga kuat sama reaksi obatnya. Kalo udah dikasih resep, berikan resep tersebut secara rutin. Yg penting ketelatenan dalam merawat: Memandikan, mengeringkan bulu, sama mengolesi obat.

      Semoga dengan rutinnya perawatan tersebut, si kucing tidak terlalu depresi karena badannya berasa gatal-gatal. Kata dokter Anita (dokter hewan yg saya wawancarai dulu), kalau gatalnya sudah sangat parah, akan mengurangi nafsu makan si kucing. Kalau nafsu makan sudah berkurang, tentu saja kesehatan tubuh si kucing akan semakin melemah.

      Saran saya, rutinkan pengobatannya, dan jangan lupa, kucingnya 'dipaksa' untuk makan. Biar badannya gak kekurangan nutrisi.
      Bagaimana cara memaksa kucing untuk makan? Uhm, sista bisa coba cara yg tertera di sini:
      http://luvlylumpy.blogspot.com/2008/11/bahaya-kucing-tidak-mau-makan.html

      Semoga kucingnya lekas sembuh. >.<

      Hapus
  15. yah, kucingku dah parah bgt, smpai gk maw gerak & dah kaku :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bawa ke dokter sob :'(
      maaf baru balas... :(

      Hapus
  16. Gawat kak, kucingQ kna scrabies.. Keraknya udh smp muka ma sluruh badan, matanya smp sipit gara2 keraknya, huhuhuu..
    Udh aq mndiin pake sampo sulfur, kira2 butuh berapa lama buat kucing smp sembuh total? Udh g tega liat kucing2 tersiksa kak, pengen nangis aja nih.. (T_T)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu, itu sudah parah sist... Kalo deket rumah ada dokter hewan, mending di bawa ke dokter aja.

      Kalo pengobatan dengan sampo sulfur doank, entahlah, mungkin butuh beberapa minggu. Masalahnya, kucingnya bisa bertahan sampai selama itu enggak? Bawa ke dokter gih, biar disuntik atau dikasih resep lainnya. .>_<.

      Hapus
  17. cara menyembuh kan guddik di anjng gmana y gaes

    tolong dbntu eaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibawa ke dokter hewan. Atau coba pergi ke apotik, trus dibeliin obat kulit.
      ~maaf baru balas, lagi sotoy nih @_@

      Hapus
  18. Kucingku baru mlahirkan tgl 2 mei kmren, dia pernah kena scabies dan udah sembuh. Eh gataunya anak2ny skrg kena scabies :( untungnya blm parah sih kasih bngt baru umur 2 minggu kittennya udh ngerasain gatel di gigit tungau itu:(
    Dokter jg ga brani ambil resiko buat nyuntik si kitten:( jadi kmren induknya yg di suntik..
    Sikitten skrg lagi dlm masa perawatan, setiap malam di bersihkan kulit2nya pakai alkohol 70% setelah itu di kasih salep 88. Dan kmren udh lumayan mengering scabiesnya..
    Bulunya kaki sm tangannya udh rontok, kira2 bakalan bagus gak ya nanti klo sdh sembuh:(
    Apa ada saran lain untuk merawat kitten umur 2 minggu yg terkena scabies? 😭 gak tega banget soalnya huhuhuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakuin aja dulu yang diinstruksikan dokter, sist.

      Yang penting si kitten masih mo makan, kan?
      Dulu kucingku yg kena scabies emang bulunya jadi brindil2 gitu. Tapi setelah sembuh, tuh bulu bisa tumbuh lagi kug. :D

      Hapus
    2. Ini kucing saya masih kitten kena scabies matanya ampk sipit udah susah makan jg.. kasih solusi dong kucing saya msh bisa sembuh ga?

      Hapus
  19. CL semua..
    Saran saya klo kucing kena scabies mending langsung bw ke Vet aja.
    Soalnya kasian klo pke obt luar, lama sembuhnya..takutnya malah keburu nyebar kseluruh tbuhnya.
    Biaya pengobatan luar gk jauh beda ma suntik scabies di Vet.
    Suntik scabies antara 30-50rb..
    Sy jg bbrapa hr yg lalu suntik 30rb, skrg mpusnya lg msa pnyembuhan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga mpusnya lekas sembuh total. :)

      btw, thanks atas tambahan infonya sist. :)

      Hapus
  20. Hai kak, aku punya persia umurnya skitar 7 bulanan . Karna akhir akhir ini sbuk kuliah sambil bantu tante d klinik aku jadi gak perhatian lagi sama tiffany ku , terus baru tadi pagi bisa nyayangin dan mandiin setelah 1 minggu gak dimandiin . Ternyata oh ternyata . Di badannya banyak gudik dan itu bikin bulunya rontok hampir 1 plastik kecil . Aku kaget dong . Dan belum ada waktu buat kedokter . Tapi udh aku kasih anti alergi + salep scabimit . Yang kerak keraknya juga udah aku bersihin sih . Aku kasih obat supaya dia bisa istirahat . Terus aku mau nanya nih . Kalo misalnya dia udh di suntik anti parasit . Itu bisa ketularan lagi gak ? Soalnya aku punya 11 ekor kucing kampung juga dirumah . Aku gak mungkin nyuntik ke 11nya kan ,capek bolak balik dokternya kak .Pdhal persia ku ini udh aku pisahin dari kucing kampung ku . Ternyata tetep bisa ketularan . Mandi juga udh aku antar grooming 1x seminggu .tapi ternyata kaget banget liat persia ku bulunya abis terus juga jadi kayak pesakitan gitu . Gak sehat . Smoga 2 hari lagi bisa bawa dia ke dokter . Ditunggu jawabannya ya kak .

    BalasHapus
  21. Hai kak, aku punya persia umurnya skitar 7 bulanan . Karna akhir akhir ini sbuk kuliah sambil bantu tante d klinik aku jadi gak perhatian lagi sama tiffany ku , terus baru tadi pagi bisa nyayangin dan mandiin setelah 1 minggu gak dimandiin . Ternyata oh ternyata . Di badannya banyak gudik dan itu bikin bulunya rontok hampir 1 plastik kecil . Aku kaget dong . Dan belum ada waktu buat kedokter . Tapi udh aku kasih anti alergi + salep scabimit . Yang kerak keraknya juga udah aku bersihin sih . Aku kasih obat supaya dia bisa istirahat . Terus aku mau nanya nih . Kalo misalnya dia udh di suntik anti parasit . Itu bisa ketularan lagi gak ? Soalnya aku punya 11 ekor kucing kampung juga dirumah . Aku gak mungkin nyuntik ke 11nya kan ,capek bolak balik dokternya kak .Pdhal persia ku ini udh aku pisahin dari kucing kampung ku . Ternyata tetep bisa ketularan . Mandi juga udh aku antar grooming 1x seminggu .tapi ternyata kaget banget liat persia ku bulunya abis terus juga jadi kayak pesakitan gitu . Gak sehat . Smoga 2 hari lagi bisa bawa dia ke dokter . Ditunggu jawabannya ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar-benar yakinkah bahwa Tiffany sudah terpisah 100 persen dari kucing yang lain? Siapa tahu aja pas ditinggal pergi, Tiffanynya main-main sama kucing kampung? Jadi yang menulari Tiffany siapa? Kucing kampungnya ada yang gudikan juga?

      Kalo mau aman, ya ke-11 kucing yang lainnya juga harus divaksin. Kalo ga mau capek bolak-balik, tanya aja dokternya, mau gak dateng ke rumah. ;D

      Konsultasi lebih lanjut ke dokternya, jangan malu-malu. Tanya apa saja, mulai dari masalah rencana perawatan hingga estimasi biaya yang bakal dikeluarkan. Lebih baik nanya langsung pada ahlinya kan?

      Oia, semoga Tiffanynya lekas sembuh. :D

      btw, kug namanya mirip nama personel SNSD ya? :v

      Hapus
  22. Abis baca komen komen di atas jadi tau banyak tentang scabies.
    Kebetulan aku punya kucing 3.,
    Ketiganya msh scabies ringan.

    Jd mau ke dokter buat suntik si meong

    BalasHapus
  23. Hii cat lovers. Kucingku kena scabies dibagian telinga dan diatas matanya. Kata dokter, dia terkena scabies karena dia kena cacing pita hewan yg mengakibatkan kulitnya gembur sehingga kutu tungau mudah masuk ke bawah kulitnya.
    Oh ya, di rumah ak selalu memberikan minyak zaitun bertoli dicampur minyak tawon. Hasilnya lumayan. Selang beberapa hari kucingku disuntik pleh dokter hewan dan diberikan obat. Selain obat dokter memberikan ak PK dan salep Bioplacenton. Untuk shampoo disarankan menggunakan shampoo lidah buaya saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PK yang berupa bubuk warna biru itu ya sist? Iya, ampuh tuh. Hihi. Beli di apotek. Murah lagi. Ga perlu resep dokter.

      Btw, thanks sharingnya. ^^

      Hapus
  24. Yakin ini pakek oli bekas gpp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru bales bro. Kalo rumahnya deket apotik, beli aja PK. Murah kug, bentuknya bubuk berwarna biru. Coba mandiin pake itu, daripada ntar kucingna belepotan oli (ujung2na bakal mandiin dia juga kan?!)

      Hapus
  25. kalau baca dari atas kucingku kena scabies parah. dikasih sama tmn gk diurusin kasian, jadi mau di suntik aja. tapi kalau msh kecil umurnya sektr 2 bulan itu bgimana? boleh di suntik gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bawa ke vet dulu aja sis, nanti dokternya yang akan memutuskan perawatan terbaik buat si anak kucing. :)

      Hapus
  26. Gan,, iya sudah saya bawa ke dokter hewan pada hari jumat 13 mei kmrn. tapi hari ini kucing saya sudah mati. saya sedih banget hari ini padahal kontrol lagi hari sabtu ini tapi dia sudah tiada. kemarin di suntik sama dokternya katanya suntik bisa 2 kali atau 3 kali karena sudah parah scabiesnya. Saya dikasih kucing sudah sakit parah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. turut berduka cita, Sis...
      setidaknya sudah berusaha untuk mengobatkan, semoga nanti dapat ganti anak kucing lagi yaa... :)

      Hapus
  27. maaf mau tanya nih , saya punya anjing dia kena scabies pas waktu kontrol terus kan lgsg disuntik dan setelah 2 minggu dikasih obat advocate yg dioles di tengkuk nya . cuma pas 1 mingguan , kulit nya kaya ketombe gtu pada kering bersisik .
    yg saya mau tanyain , scabies itu bisa sembuh gak ya ?
    terus , bisa kambuh lagi gak ya klo sembuh ?
    soal nya dirumah ada anak kecil , yg kata nya bisa nular ke manusia juga ya ? terima kasih banyak ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. He'eh, penyakit ini bisa nular ke manusia.
      Tapi, kalo diobatin secara rutin, kemungkinan-untuk-sembuh-lebih-cepat persentasenya lebih besar, sis.

      Karena penyebab scabies adalah tungau, meski sudah sembuh, kalo dapet serangan tungau lagi, ya boleh jadi bisa kena scabies lagi deh.

      Hapus
  28. maaf mau tanya nih , saya punya anjing dia kena scabies pas waktu kontrol terus kan lgsg disuntik dan setelah 2 minggu dikasih obat advocate yg dioles di tengkuk nya . cuma pas 1 mingguan , kulit nya kaya ketombe gtu pada kering bersisik .
    yg saya mau tanyain , scabies itu bisa sembuh gak ya ?
    terus , bisa kambuh lagi gak ya klo sembuh ?
    soal nya dirumah ada anak kecil , yg kata nya bisa nular ke manusia juga ya ? terima kasih banyak ya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oia, untuk referensi jawaban yang lebih terpercaya, coba sista baca artikel di link ini ya:
      https://www.klikdokter.com/tanyadokter/masalah-kulit/31830-pengobatan-skabies

      Maaf baru balas yaaa... ^^"

      Hapus
  29. Dimana ada jual obt suntiknya di sini ga ada dokter hewan, apa di jual bebas di apotik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ga ada dokter hewan, mending beliin obat luaran dulu aja, sist.
      Kalo main suntik tanpa resep dokter, takutnya berabe.

      Coba deh ke apotek, tanyain aja: apa jual obat gudik buat kucing gitu. Atau, bisa juga nyoba dimandiin pake obat PK dulu. Obat ini dijual di apotek kug.

      Hapus
  30. Dimana ada jual obt suntiknya di sini ga ada dokter hewan, apa di jual bebas di apotik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mendingan sister langsung ke apotek deh. Apotekernya biasanya nyaranin obat yang dia sediain kug. :D

      Hapus
  31. coba dicukur sist.
    Nih, ane dapet referensi dari sini:
    http://www.marubunnytown.com/2011/07/scabies-pada-hewan-peliharaan.html

    Tapi, mari kita tunggu... Siapa tahu ada masukan dari teman yang lain. :D

    BalasHapus
  32. okesip. Ditunggu kabar terbarunya ya sist. Semoga kucingnya lekas sembuh. ^^

    BalasHapus
  33. Mba, Jeezee Jessica mau tanya beli VCO di mana ya, tersedia di apotik gak ya?

    BalasHapus
  34. Oi sist ratna, berhubung sista Jeezee Jessicanya ga ada, yg ada cuma gw... Gimana kalo yg jawab gw aja ya...

    VCO > Virgin Coconut oil. Bisa dibeli di apotik atau toko-toko yang jualan herbal. :D

    BalasHapus
  35. terimakasih banyak atas tambahan infonya sist.

    ikut senang si Molly sudah sembuh.

    semoga tambahan info ini berguna buat kawand-kawand semua.
    sekali lagi, thanks a lot eaa... :D

    have a nice day ^^

    BalasHapus
  36. Mau minta konsul..
    Anak kucingku kena scabies di telinga tapi masih 2 bulan.. Kira2 pengobatannya gimana ya berhubung si anak kucingnya masih 2 bulan? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dimandikan pakai PK...
      bisa dibeli di apotik.
      bentuknya bubuk berwarna biru.

      Atau, pakai obat luar seperti salep aja bro/sis.

      atau, langsung ke apotik aja, biasanya apotekernya tahu obat terbaik yg bisa dia rekomendasikan. :D

      Hapus
  37. Mau konsultasi.. Anak kucingku masih 2 bulan udh kena scabies di telinga, kira2 pengobatannya gimana ya berhubung anak kucingnya masih 2 bulan? :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa nyoba obat luar, trus dipasangi e-collar :D

      Hapus
  38. Kucing msh berumur 4 bln, kena scabies parah. Kemarin disuntik tapi hari ini malah mati. Dokter nyuntiknya dibagian leher. Mal praktek kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya... takdir, sob.
      Turut berduka cita.

      Hapus
    2. bukan mal praktek tp emang obat yg dsuntikkan itu keras jd kucing bisa tahan ato bisa juga mati,kata dokter kucingku gitu
      soalnya skng q juga lg bingung ini kucingku umur 6bln kna scabies parah dan dokter gag mau nyuntik gara2 kucingnya kurus engga mau makan T_T takut malah mati

      Hapus
    3. Suapin sis... kucingnya...
      T.T

      Hapus
  39. Kalau anak kucing berumur 2 dan 5 bulan masih berisiko besar tidak ya jika disuntik scabies?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawa ke vet aja dulu sist, nanti biar dokternya yang memutuskan.

      Kalo misal setelah dibawa ke vet gak disuntik, kucing yg kena scabies boleh jadi bakalan dikasih obat luar.

      Hapus
  40. Kucing saya kena scabies di bagian kuping, ekor dan kaki....kasian tiap hari garuk2 smp rontok bulunya dan luka2, udh sy bawa ke klinik hewan dan drh tdk menyarankan untuk disuntik krna obatnya keras dan dapat merusak hati atau menimbulkan kematian jadi drh tsb memberikan obat tetes "revolutin cats" yang di tetesin di kulit bagian leher si kucing dan hrs di ulang slama 2 mggu...cm anehnya stelah pemakian obat tetes tsb knp bulunya jd pada rontok ya? Ga tega bgt saya...hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu efek sampingnya sis...
      Baca2 dari blog sebelah, ada yg bilang kalo revolution cats itu aman, tapi ada juga yg bilang obat ini agak keras. Mana yang benar coba? Obat ampuh bisa jadi juga akan memberikan efek samping... kalo takut, konsul lagi aja ke drh nya. :)

      Hapus
  41. Hai sis,

    Dirumahku kedatangan kucing angora yg udh kena scabies paaarrrrraaaahhhhhhhhhh banget2, dugaanku dia dibuang sm pemiliknya karena memang udh kaya monster bentuknya..
    nyokap emang suka kasih makan kucing2 liar, n pas ngasih makan dia dateng, saking seremnya nyokap sampe nyebut2 gt karena ketakutan. Nyokap selalu bilang km gpp makan disini, tp jangan tinggal disini ya soalnya ibu takut..
    kasian bgt bentuknya n kayanya dia udh tersiksa bgt, tp agak serem juga kl mau bawa dia ke dokter hewan soalnya pd ga ada yg berani megang..
    mau ngebuang dia juga kasian bgt, dgn kondisi seperti itu dibuang ke pasar juga pasti langsung diusir sm org sekitarnya..
    kita jd beliin obat semprot aja untuk sementara..
    ada info nggak dokter hewan di jakarta yg mau dipanggil ke rumah?
    thanks ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, maaf banget sist. Saya kurang tahu alamat vet di jakarta. :(

      Maaf agak OOT, coba sister nonton channel youtube nya Vet Ranch. Di situ ada ditayangin penyelamatan hewan2 terlantar. Beberapa hewan yang diselamatkan bentuknya juga sudah tidak karuan sist. Mereka (para dokter hewannya) selalu pakai sarung tangan lateks. Setahuku sarung tangan ini juga dijual di apotik. Kali aja nanti sister mau pegang si kucing kalo udah pakai sarung tangan lateks. :v

      Btw, saya salut padamu dan ibumu sist. (T.T)

      Hapus
  42. Dok, anjing lokal saya jantan usia 2 tahun. awalnya saya kira alergi biasa saya beri cetirizine tp koq tdk ada perbaikkan baru saya bawa ke drh lalu diagnosa alergi, scabies & jamur oleh drh dan sudah infeksi, botak dr kepala sampai ujung ekor, saya memang telat membawanya ke drh sekitar 1 bulan setelah dia gatal2.

    Mohon tips2nya dok gimana cara yg cepat dan tepat biar lekas sembuh. Saya gak tega harus cekokin dia obat2nnya (kapsul besar2) skrg dia lesu, kurus krn makan cm sedikit dan ketakutan sekali setiap saya mau ksh obat.

    Brp lama biasanya masa pengobatan scabies sampai sembuh total?, brp lama dia hrs minum obat2n?, apakah bulu yg botak bisa tumbuh lg? Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sist, saya bukan dokter.

      Penyembuhan scabies bisa memakan waktu agak lama (1-2 minggu), apalagi kalo sudah parah.

      Ikuti dulu saja resep dari drh yang sudah sista kunjungi. Kalo resep sudah habis, tp masih belum sembuh total, bawa periksa lagi utk check up. Untuk bulunya, seharusnya bisa tumbuh lagi ya.

      Kalo scabiesnya udah sembuh tuntas, nanti tinggal fokus ke penumbuhan bulu.

      Ada referensi bagus nih, dari sebuah episode vet ranch: husky from ugly to beautiful (https://youtu.be/OTnmHbOQ7pg)

      Si husky butuh waktu 2 bulanan, biar bisa tumbuh bulu pendek.

      Hapus
  43. Mau tanya kalo kitten umur 2 bulan kena scabies terus di mandiin pake PK bakalan ngefek ke kucingnya nga ya? Soalnya pernah denger kitten baru bisa di mandiin umur 3 bulan, tapi kalo ga di mandiin dekil bgt kucingnya gara gara obat olesnya yg buat nyembuhin kan semacam kayak minyak gitu, kasian liatnya, jadi bingung harus dimandiin atau engga :" dan ada saran nga gimana caranya nambah berat badan buat kucing yg gampang dan sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kucing terlalu gemuk juga bisa membahayakan kesehatannya sis, maaf ya baru balas.

      Hapus
  44. Mau tanya kalo kitten umur 2 bulan kena scabies di mandiin pake pk bakal ada efek nga ya kekucingnya? Soalnya prnah denger kalo kucing bari bisa dimandiin umur 3 bulan, tapi kalo ga dimandiin kucingnya keliatan dekil gara gara obat olesnya man semacam kayak minyak gitu, kasian liatnya, jadi bingung harus di mandiin atau engga :" sama ada saran nga gimana cara yg gampang dan sehat buat gemukin kucing. Terimakasih

    BalasHapus
  45. Hai ka,

    Kucing persiaku namanya Momo baru aja kena scabies. Sedihnya itu cepet bgt prosesnya ya, awalnya cm ketauan di bagian kepala yg lama lama botak. Dalam jangka kurang dari seminggu, udah terserang kuping dan matanya.

    Hari minggu kemarin aku bawa ke dokter di petshop langgananku, setelah mandi, Momo udah disuntik dua kali (ga tau selain suntik scabies disuntik apa lagi) dan diobatin dengan salep di bagian hidung sm kupingnya.

    Sedihnya lagi setelah mandi itu, jd jelek bgt Momo, yg tadinya lucu berbulu lebat, skrg tipis bgt bahkan botak di lehernya. Dokter bilang Momo belum masuk kategori parah meskipun udah terserang luas scabiesnya. 😥

    Nah, sekarang ini Momo lg aku isolasi di ruang terpisah karena dia punya 3 anak yg masih berumur 2 bulan. Aku cek satu persatu alhamdulillah mereka bersih. Tapi apa mungkin mereka kena juga scabiesnya ya? Ga tega banget kalo kena juga.

    Aku jg sedih banget mengungsikan Momo dari anak anaknya karena takut tertular. Apa kaka tau kira kira berapa lama waktu Momo utk sembuh dan juga untuk bulunya untuk lebat lagi?

    Thanks!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sist, baru balas. Maaf. Sekarang, Momo sudah baikan, bukan? Semoga sudah membaik, dan anak2 nya tumbuh dengan sehat.

      Hapus
  46. Saya punya 2 kucing Persia masih kecil, dan dua² nya terkena scabies. Sudah saya kasih salep tapi belum hilang juga. Gimana solusinya? Dan jika memang harus dibawa ke dokter dan disuntik kira² berapa ya harga nya??
    Ditunggu jawaban nya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru bisa balas. Sekarang si kucing sudah sembuh, kan?

      Hapus
  47. Aku punya kucing persia diberi sama pamanku , udah 4 bulan dirumah dan 1 bulan belakangan ini aku tidak mengurusinya karna kesibukn kerja ku jd tdk memperhatikan kucingku nama nya coco, dan kemudian hari kucingku luka dibagian telinga , saya kira kucing hanya luka karna berantem dgn kucing lainnya , dan setelah dri itu kucingku coco menggarut sepanjang hari dibagian tubuhnya lalu lama kelamaan menjalar sudah lukanya ekornya pun dah pada rontok mata nya pun udh semakin tak terlihat , wajahnya pun udah seram aku semakin takut dia sakit apa awalnya aku ga tau di kena scabies atau jamuran, karna awalnya kena dibagian telinga saja , saya kira bakal sembuh dgn luka nya msh sedikit eh gatau nya udh kian menjalar sedih liatnya dia pun menyendiri, bahkan dia sempat ga pulang krumah :((
    Dan aku membawanya ke petshop , kata dokter nya dia kena scabies udh parah :(( jadi aku tanya jadi bagaimana pengobatan nya dok, dokte bilang dia harus disuntik 3x , akhirnya aku mau kucingku disuntik, biar dia sembuh aku ga tega :( nyesal dulu ga langsung diobati saat belum parah beneran
    Dan setelah disuntik kucingku bawa pulang dan dari situ aku lihat kucingku jalan dan sempoyongan dia lemas bner, jalan pun jatuh jatuh, makan gamau, dia tidur aja dikasih makan ga mau , aku takut, kira" dia masih ada harapan gk teman"?
    Kasian banget dia gk bisa ngapa ngapa in stelah aku bawak suntik ke petshop :( jadi bagaimana cara mengobati nya lg, ga tega benar dia skrg mata nya gk kelihatan lagi udh banyak kotoran mata nempel aku bersihkan g lama dri situ kotoran ad lg kayak sakit mata gtu :'( ya allah aku berharap dia sembuh , saran dong bagaimana lagi aku harus mengobati nya
    Dokter petshop bilang 5hari dibawa lg kesana dan suntik untuk ke 2x nya, sembuh ga ya? Yang 1x disuntik aja bulu nya ga rontok , kata nya kalo rontok mah bagus untuk reaksi dri obatnya, tp kucingku belum :(( saran dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti anjuran dokter nya dulu sis/bro. Sebisa mungkin disuapi ya, kucingnya. Biar ada makanan yg masuk ke tubuh dia.

      Hapus
  48. Halo, nama kucing aku Pucca , dia kena scabies setelah aku titip di sodara. Kata dokter sudah parah. Scabiesnya di kedua kuping dan di kepala. Hari minggu sudah di suntik trus dia garuk2 teruskan. Sudah di pasah e-collar tp dia bisa lepasin. Trus aku liat2 di google bisa pakai VCO, pas setelah di kasih VCO dia garuk2 malah tambah parah lukanya jadi gede bgt di kupingnya. Masalah gak ya di kasih VCO itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya luka dikasih minyak rasa sensasinya pasti 'aneh' kan sis/bro, mungkin dia garuk2 terus karena ga tahan sama gatelnya. Tapi sependek pemahamanku sih, seharusnya aman dikasih VCO. Semoga kucingnya lekas sembuh ya.

      Hapus
  49. Kucingku, Cantik namanya. Udah 1-2 bulan ini kena Scabies. Dikasih obat tetes Minol, tokcer. Tapi kambuh lagi - kambuh lagi trus jadi trauma liat aku. Terakhir, gak mau pulang 3 hari krn takut diobatin.
    Tadi sore kubawa ke klinik petvet, akhirnya disuntik. Semoga cukup 1 x suntik aja karena biayanya cukup nonjok, 311 rb tanpa obat lainnya. Jadi aku yg gatel-2 pas bayarnya.
    Setelah baca dari atas sampe bawah, aku mau terapin besok pagi pake yg disaranin temen-2 yg berpengalaman nyembuhin dari Scabies. Terimakasih ya semuanya... Semoga semua bahagia... Aamiin...

    BalasHapus
  50. Kucing ku yg belang jg scabies..slm ini saya pengobatan dr rmh aja alhamdulillah sudah lumayan sembuh dan kering tp msh gumpal apa lg di bagian kepala dan telinga scabiesnya masih gumpal gt tp dlm kondisi kering..dan kmren tak bawa ke klinik hewan dan di opname buat pengobatan scabies tp slm 1 minggu di klinik hewan ternyata belang di kabarkan meninggal..kmren di bawa ke klinik sehat2 aj gk masalah apapun..itu knp kondisi kucingnya mendadak ngdrop setelah di opname ya kk? Apakah drh pnh salah kasih obat atau suntikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut berduka cita kak. Kalo masalah penanganan di vet nya aku ga tau. Apakah ada review dari orang-orang lain terkait vet tersebut? Sekali lagi, turut berduka cita ya. Yang sudah terjadi, maka memang sudah ditakdirkan terjadi. Semoga diberi keikhlasan ya kak. 😭😭

      Hapus

Komentarmu tak moderasi, artinya ya aku baca dengan seksama, dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Komentarmu = Representasi dirimu.
Ojo saru-saru lan ojo seru-seru. Ok dab?