Rabu, 04 April 2012

Antara Takdir dan Pilihan

Quote from Dee
Quote from Dee

“Sudah takdir.” Itulah biasanya jawaban orang-orang yang sedang patah semangat. Mereka seringkali menyalahkan takdir, atas ketidak-nyamanan hidup yang mereka rasakan. Padahal sesungguhnya, nyaman atau tidak nyamannya sebuah hidup, adalah tergantung pada pilihan kita. Kitalah yang memilih jalan hidup yang kita lalui. Karena dalam hidup akan selalu ada pilihan.
“Sesungguhnya Tuhan tidak akan mengubah nasib umatnya, sebelum umat tersebut mengubah nasibnya sendiri.”
Bahkan Pak Mario dalam MTGW nya pernah berkata:
“Yang Anda lihat menentukan persepsi Anda, tentang kehidupan.”
Bila kita melihat kehidupan sebagai hal yang menyenangkan, niscaya hidup kita akan terasa lebih menyenangkan. Sebaliknya, bila kita melihat kehidupan sebagai hal yang menyusahkan, maka hidup pun akan terasa menyedihkan. Jadi, daripada memilih hidup susah, bukankah lebih baik untuk memilih hidup senang?

Caranya? Ya dibikin senang aja. Ada masalah, pikirkan dan selesaikan sesegera mungkin. Jangan ditumpuk, dan jangan berlarut-larut. Karena masalah yang ditumpuk akan menjadi segunung masalah. Selesaikanlah ketika masalah tersebut masih berskala kecil.
“Orang kecil selalu menganggap masalah yang dihadapinya besar. Sedangkan orang besar menganggap masalah yang datang padanya, sebagai hal kecil. Jadilah orang yang berjiwa besar.”
Ingatlah bahwa Tuhan tidak akan memberikan ujian yang tidak bisa kita lampaui. Berterimakasihlah pada-Nya, karena dengan ujian yang didatangkanNya tersebut, akan membuat kita tersadar tentang siapa sejatinya diri kita. Kita akan tahu, sampai manakah batas kekuatan yang kita miliki.

Sesungguhnya Dia adalah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Jika kita tiba di persimpangan jalan dan galau tiba-tiba menghampiri, membuat kita bingung  dalam menentukan sebuah pilihan, mintalah petunjuk pada-Nya. Dia akan menunjukkan jalan yang terbaik bagi kita.

Meskipun terkadang, jalan tersebut tidak sesuai dengan kehendak yang kita inginkan, tapi ingatlah satu hal: Dia lah Yang Maha Mengetahui. Dia lebih tahu apa yang kita butuhkan. Syukuri semua yang telah Dia berikan pada kita, dan Dia pun akan menambah nikmat dan pemberianNya, karena sesungguhnya Dia lah Yang Maha Pemurah.

16 komentar:

  1. Dahsyat! Tumben serius, En? Sering patah semangat, ya? Patah tulang, usus buntu, mag kronis, jantung koroner?

    Jangan berkecil hati! Segera konsultasikan keluhan anda ke pengobatan alternatif ala tiongkok! Datang dan buktikan!

    Komen ngawur, jgn dibaca!

    Takdir gk pernah salah, kok! Krna itu udah ditentukan sejak sbelum apapun diciptain. Menyalahkan takdir adalah tanda lemahnya iman!

    Semoga komen yg ini nyambung! ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya awal mula terbentuknya blog ini, mau aku bikin kayak gini bro: tema SERIUS.

      Tapi berhubung godaanya buesar sekali, eh malah melenceng dari konsep awal.
      wkkkwkkkwkkk

      Hapus
  2. Nice Quote, Dee...! b^^d
    Terimakasih Sist eNHa, ulasan yang bagus.

    Ada kekuatan yang diberikan Tuhan kepada umat manusia. Kekuatan ini bisa meliputi semesta. Sebagian mengatakan kekuatan ini adalah "keinginan".
    Sebagian yang lain mengatakan "afirmasi".

    Apapun itu, Tuhan telah memberikan "isyarat" mengenai anugerah ini.
    Dari ayat yang Sist eNHa tulis : “Sesungguhnya Tuhan tidak akan mengubah nasib umatnya, sebelum umat tersebut mengubah nasibnya sendiri."

    [disadari atau tidak, ayat tersebut memberikan keleluasaan dalam bertindak, merubah nasib baik menjadi nasib buruk (kufur). ataupun sebaliknya.]

    Seperti kata Bro Eksak, tidak boleh menyalahkan takdir. Saya sangat setuju, Bro.
    Takdir dapat dimisalkan sungai yang dalam.
    di seberang sungai itu ada yang kita inginkan.
    apa yang kita lakukan bila ingin menyeberangi sungai? tentu banyak cara kan?

    kita tidak dapat menyalahkan sungai [takdir] dengan cara membendungnya, atau mengeringkan sungai.

    ---
    BTW, paragraf penutup pada posting ini menjadi pencerahan bagi saya. AWESOME.....!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro Linus, ini mah namanya bukan komengtar...
      tapi postingan di dalam postingan.
      XD

      kayak siapa ya?
      MyHeart2105, Chris, atau siapa yaaa??

      XD

      Hapus
  3. Wahh..bener bgt nih mbak..
    Kalo kita punya niat selalu berusaha..kita pasti bisa merubah takdir kita sendri..

    BalasHapus
  4. takdir sudah di gariskan, tapi kita bisa mengubahnya, gitu kan kesimpulannya, jadi kita gak boleh patah semangat MERDEKA, wew ^^

    BalasHapus
  5. saya terbius dengan olahan isi sari dari setiap kalimatnya, terimakasih... Setidaknya saya bsa terus semangat dlm menyikapi hidup, kalo bukan saya sendiri lalu siapa lagi. Orang lain hanya menyarankan dan ngasih jalan sedangkan yg menentukan adalah saya sendiri.

    BalasHapus
  6. terkadang manusia itu gak pernah nyadar, kalo disetiap jengkal langkah hidupnya itu Tuhan melimpahkan nikmat yg begitu byk, sehingga kita tdk mengetahuinya sama sekali, dari mulai nikmatnya lubang hidung kita yg menghadap kebwh, nikmatnya udara yg setiap detik kita hirup, nikmatnya sinar mentari yg menerpa tubuh kita setiap pagi sampe sore, nikmatnya hujan yg turun menyejukan bumi,

    semua nikmat yg tdk bs kita sebut satu persatu itu harusnya menjadi pendorong utk kita agar kita tdk menyerah dlm menghadapi kerasnya hidup ini.

    tp mengapa msh ada saja segelintir org yg mengakhiri hidupnya karena sebuah persoalan yg dialaminya. Memang, tidak ada manusia yg sempurna. Tp berusaha utk menjadi yg lbh baik adalah hal yg wajar.

    siapa sih yg gak mau memiliki kehidupan yg lbh baik, keluarga yg lbh baik, rumah yg lbh baik, impian dan masa depan yg lbh baik.semua pasti mau kan?

    nah, disinilah letaknya pilihan hidup itu. mana yg kamu pilih? yg baik atau tidak?
    tentunya sebuah pilihan itu pasti akan menemui 2 jawaban, satu jawaban yg sesuai dgn keinginan kita, satu lg yg tdk sesuai. nah jika kita mendptkan jwban yg tdk sesuai, jgn menyerah, jgn menyalahkan takdir. takdir tdk ada hubungannya dgn hal ini. ini adalah sebuah jalan lain.

    ingatlah bahwa msh ada peluang di dlm peluang yg lain.

    BalasHapus
  7. Takdir dan nasib itu beda.. :D

    BalasHapus
  8. anggaplah dirimu istimewa,,,, maka kehadiran mu adalah cahaya bagi siapapun, bahkan malaikat pun mendukungmu hahahahaha........

    BalasHapus
  9. harus banyak-banyak bersyukur nih :D

    BalasHapus
  10. numpang lewat ah, sambil melipir :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, maaf mas bro, belum ngupdate niiyy..
      silakan melipir, awas, jangan sampe jatoh yaa...

      Hapus
  11. enhaaaa, kok lama gak ke blog ku??? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduuhh, maap mbak sist, atau mas bro, saya lagi eksis di dunia nyata nih,,,
      okey, langsung ke TeKaPeh yaa...

      Hapus
  12. mantepppp..?!!!!!!
    jdi bih mngerti arti hidup,,,
    fighting...fighting?!!!

    mampir yah ke blog qu...
    (promo amat ya gw????heheheee)

    BalasHapus

Pertanyaan, kritik, saran, komentar? Silakan keluarkan uneg-unegnya. Tak perlu malu-malu... hehe... Oia, untuk sementara (sampai batas waktu yg belum tahu kapan), komentarnya aku moderasi yaaa... Have a nice day. Terimakasih sudah mampir dan membaca. ^_^